Jokowi Mengatakan Presiden dan Para Menteri Boleh Berkampanye, Mahfud MD: Terserah!

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • ISTIMEWA

Jakarta, VIVA Jatim – Baru-baru ini, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) memberikan pernyataan bahwa presiden hingga para menteri boleh berkampanye dan memihak dalam Pilpres. Terkait hal itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI yang juga calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD menanggapi pernyataan tersebut.

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

Menurut Mahfud, itu adalah hak Jokowi bila ingin cawe-cawe dalam kontestasi pilpres ini. "Ya, enggak apa-apa kalau presiden mengatakan begitu, silakan aja. Mau ikut atau enggak, itu kan terserah," kata Mahfud usai menghadiri acara di Pondok Pesantren An-Nur di Bantul, Yogyakarta, Rabu, 24 Januari 2024. 

Mahfud enggan mengomentari lebih lanjut terkait pernyataan Presiden Jokowi yang dinilai kontroversial itu sebagai kepala negara. Ia justru meminta untuk mengkonsultasikan hal ini kepada biro hukum sekretaris negara. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

"Nanti tanya ke biro hukum sekretaris negara aja (perihal aturan hukumnya)," pungkasnya.  

Kemudian, ia berkelakar bahwa pernyataan tersebut tak membuat gaduh situasi pemilu saat ini. "(Apakah memperkeruh suasana pemilu?) Ndak, kalau saya nggak keruh tuh. Malah sejuk ini di sini," kata Mahfud sembari tertawa. 

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut seorang presiden dapat memihak bahkan ikut berkampanye dalam pemilihan presiden atau pilpres. Menurutnya, hal tersebut bisa dilakukan selama tidak menyalahgunakan fasilitas negara. 

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi di tengah pertanyaan publik soal netralitas presiden di Pilpres 2024.  

Halaman Selanjutnya
img_title