Trayek Angkutan Umum Mojokerto - Batu Mulai Beroperasi, Ini Rute dan Tarif Promonya

Peluncuran Angkutan Umum Mojokerto - Batu
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/ Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim- Angkutan umum dengan trayek Mojokerto-Kota Batu via Cangar mulai beroperasi. Trayek baru yang dioperasikan PT Bagong Dekaka Makmur ini menggunakan 6 minibus Mitsubishi untuk menghubungkan Terminal Kertajaya dengan Terminal Batu.

Dishub Jatim Pastikan Angkutan Umum Siap Layani Masa Mudik Lebaran 2024

Trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Mojokerto-Kota Batu via cangar ini diluncurkan di Terminal Kertajaya, Kota Mojokerto pada Rabu, 24 Januari 2024. 

Peluncuran angkutan umum baru ini dihadiri Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim Nyono, Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro, Sekda Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Plt Kepala Dishub Kota Batu Mochamad Agoes Machmoedi.

Angkutan Barang Dilarang Beroperasi pada 5-16 April, Kecuali Sembako

Nyono menjelaskan, mulai hari ini, angkutan AKDP Nonekonomi tersebut melayani rute Terminal Kertajaya, Pasar Dlanggu, Kutorejo, bundaran Pacet, Cangar, Bumiaji, Terminal Batu. PT Bagong Dekaka Makmur mengoperasikan 6 minibus. Terdiri dari 3 minibus dari Terminal Kertajaya dan 3 minibus dari Terminal Batu.

"Menempuh jarak sekitar 57 Km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam sekali jalan. Melewati destinasi wisata air panas Cangar," jelasnya kepada wartawan di lokasi, Rabu, 24 Januari 2024. 

Pj Gubernur Jatim Adhy Ungkap Rencana Moda Transporasi saat Membuka Acara Lokakarya di Surabaya

Ia memaparkan, jarak keberangkatan antarminibus dipatok 1 jam. Menurutnya, armada yang dioperasikan di trayek ini handal melalui tanjakan ekstrem di jalur Pacet-Cangar. Sedangkan untuk mencegah risiko kecelakaan karena rem blong dari arah Cangar menuju Pacet, pihaknya akan membuka jalur Ngeprik.

Saat ini, pihaknya berpacu dengan waktu untuk segera mengoperasikan jalur Ngeprik. Salah satunya terkait pembahasan anggaran dengan Dinas PU Bina Marga Jatim untuk membuka jalan milik Kabupaten Mojokerto tersebut. Sayangnya, Nyono belum bisa memastikan kapan jalur tersebut bisa dilewati.

Halaman Selanjutnya
img_title