Menuju Pemilu 2024, KPU Sumenep Gelar Simulasi Tungsura dan Sirekap

Ketua PPK Gapura saat mengikuti Simulasi Pemilu 2024 di KPU Sumenep
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Sumenep, VIVA Jatim – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024. Di acara itu juga digelar simulasi penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap), Selasa, 30 Januari 2024.

KPU Kota Mojokerto Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, 13 Wajah Baru

Komisioner KPU Sumenep, Rofiqi mengatakan bahwa simulasi tersebut digelar kedua kalinya. Selain dibekali bimbingan teknis, SDM penyelenggara juga diperkuat dengan simulasi agar pengetahuan tentang Tungsura dan Sirekap semakin baik.

"Ya tentu ini dalam rangka menguatkan SDM penyelenggara kita. Bahwa selain diberi bimtek, mereka juga dibekali dengan simulasi Tungsura dan penggunaan Sirekap. Sehingga mereka paham betul dengan berbagai regulasi yang ada," ungkapnya saat dihubungi Viva Jatim via telepon, Selasa, 30 Januari 2024.

Sah! Berikut Daftar 50 Nama Caleg Terpilih DPRD Mojokerto 2024-2029

Simulasi ini penting dilakukan, mengingat ada banyak istilah baru yang perlu diketahui oleh penyelenggara. Termasuk juga regulasi-regulasi yang ada. Sehingga penyelenggaraan Pemilu berjalan lancar dan baik hingga di tingkat KPPS.

"Simulasi yang kedua ini kita harapkan semakin memantapkan teman-teman, semakin paham dengan peraturan baru dan sebutan-sebutan baru, misalnya tidak ada C1 lagi, yang ada C Hasil. nanti yang ditekankan ke PPK sampai KPPS itu," tambahnya.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Suasana Penghitungan Suara di Simulasi Pemilu 2024 KPU Sumenep

Photo :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Gapura, Abd Rahem mengatakan bahwa simulasi tersebut sangat berguna. Terutama bagi PPK dan PPS di daerahnya, pun juga di daerah lain.

Halaman Selanjutnya
img_title