Terungkap, Ini Alasan Panwascam di Mojokerto Kompak Mengundurkan Diri

Kondisi sekretariat Panwascam Kranggan Kota Mojokerto
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/ Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim – Alasan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kranggan, Kota Mojokerto kompak mengundurkan diri kini terungkap. Disinyalir antara Panwascam dan Bawaslu Kota Mojokerto terjadi ketidakharmonisan.

KPU Kota Mojokerto Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, 13 Wajah Baru

Eks Komisioner Panwascam Kranggan Soetomo Cahyadi mengatakan, penguduran diri itu karena kebijakan Bawaslu Kota Mojokerto terkait pengadaan sewa alat sekretariatan dinilai tak sesuai dengan kebutuhan Panwaslu Kecamatan. Sehingga, hubunganya tidak harmonis.

“Karena banyaknya perbedaan antara kebutuhan Panwascam Kranggan dan Kebijakan bawaslu kota. Kami anggap tidak sesuai dengan kebutuhan di lapangan untuk support (mendukung) pengawasan,” katanya kepada wartawan, Selasa, 26 Januari 2024.

Sah! Berikut Daftar 50 Nama Caleg Terpilih DPRD Mojokerto 2024-2029

Ia menjelaskan, Panwaslu Kecamatan Kranggan mengusulkan kepada Bawaslu Kota Mojokerto 2 item alat sekretariatan dengan sistem sewa. Yakni elektronik dan mebel. Masing-masing rencananya dianggarkan Rp 1 juta per bulan. Dalam satu tahun rencana sewa alat itu totalnya Rp 24 juta.

“Seperti kami membutuhkan komputer atau laptop yang bisa untuk mobile untuk kebutuhan tiap devisi 3 unit dan staf 3 unit. Tapi yang dipenuhi hanya 3 unit. Kalau mebel seperti apa kami tidak menuntut,, tapi sebenernya kita menuntut kebutuhan kami terpenuhi, meja dan kursi,” ungkapnya.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Bahkan, kata Soetomo, pengadaan alat sekretariatan dinilai tidak sesuai spek yang dibutuhkan. Selama ini, alat disediakan oleh Bawaslu Kota Mojokerto.

“Kami ingin kebutuhan sekretariatan bisa terpenuhi satu-satu, itu sudah cukup. Kalau bawaslu kota mempercayakan kebutuan itu kepada kami, kami siap untuk itu, tapi kalau tidak siap, kebutuhan kami mohon dipenuhi,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title