Rapat Pleno GM FKPPI Hasilkan Tiga Poin Penting Jelang Pemilu 2024

Rapat Pleno GM FKPPI.
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jakarta, VIVA Jatim –Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI/Polri (GM FKPPI) menggelar Rapat Pleno pada 2 - 3 Januari 2024 di Jakarta. Rapat tersebut menghasilkan tiga poin utama pernyataan sikapnya menjelang pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang. 

Menko Polhukam: Situasi Usai Pemilu 2024 Masih Aman Terkendali

Ketua Umum GM FKPPI, Dwi Rianta Soerbakti dalam rilisnya menyampaikan, menegaskan komitmen GM FKPPI dalam menjalankan politik negara sebagai pijakan berdemokrasi, sesuai dengan prinsip sebagai anak biologis dan ideologis prajurit TNI dan Polri untuk itu tetap konsisten menjaga netralitas, independen serta kesucian organisasi

“Kami mengingatkan orang tua kami sebagai  prajurit aktif TNI dan Polri untuk turut menjaga marwah dan wibawa institusi dengan tetap bersikap netralitas dan obyektif dalam mengawal jalannya tahapan pemilu tahun 2024. Kami juga berharap agar TNI dan Polri fokus pada upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dari ancaman perpecahan akibat konflik kepentingan peserta pemilu. Tugas menjaga persatuan dan kesatuan bangsa tersebut hanya dapat dilaksanakan jika TNI dan Polri mengambil posisi netral dan tidak berpihak kepada salah satu kontestan pemilu,” tegas Dwi Rianta Soerbakti.

Ganjar Usul Hak Angket Pilpres, Ketua Golkar Jatim Sebut Salah Alamat

Kedua, GM FKPPI menyerukan kepada masyarakat utamanya para kader GM FKPPI, untuk menjalankan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 serta menekankan pentingnya untuk tidak golput. 

“Kesuksesan pesta demokrasi ini adalah partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya harus tinggi. Untuk itu jangan golput. Legitimasi besar rakyat untuk melahirkan pemimpin yang mampu mengayomi segenap rakyat dan bangsa Indonesia sangat bergantung pada partisipasi masyarakat dalam pemilu nanti,” ujarnya.

Sejumlah Advokat Buka Posko Pengaduan Pelanggaran Pemilu di Kediri

Melanjutkan poin ketiga pernyataan sikap GM FKPPI. Dwi Rianta menginstruksikan agar seluruh kader GM FKPPI terlibat aktif dalam mengawasi serta menjaga jalannya pemungutan suara pada Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna menjaga kondusifitas serta mengantisipasi terjadinya dugaan praktik kecurangan.

“Pernyataan sikap hasil rapat pleno ini akan disosialisasikan kepada seluruh pengurus daerah sebagai pedoman dan pijakan GM FKPPI secara organisasi menyikapi situasi politik saat ini. Tetap jaga persatuan dan kesatuan,” pungkas Dwi Rianta

Halaman Selanjutnya
img_title