Tanggul Sungai di Lamongan Jebol, Ratusan Rumah dan Tambak Terendam Banjir

Tanggul Sungai di Lamongan Jebol sebabkan banjir
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim- Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Lamongan membuat tanggul Kali Plalangan jebol, Selasa 6 Februari 2024. Akibatnya, ratusan rumah di Desa Tambakploso terendam banjir.

Kesal Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Lamongan Tanam Pisang di Jalan Rusak

Adapun banjir yang menggenangi ratusan rumah warga berada di dua Dusun Plosolebak sebanyak 152 rumah, dengan ketinggian air mencapai 40-65 cm dan lahan pertanian tambak 50 hektar dengan ketinggian 30-60 cm.

Sedangkan di Dusun Gabus terdapat 175 rumah milik warga tergenang dengan ketinggian air mencapai 40-65 cm serta 70 hektar lahan sawah tambak.

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Kepala Dusun Plosolebak, Didik Wahyudi mengatakan, dua titik tanggul yang jebol itu adalah tanggul Kali Plalangan yang berada di Dusun Plosolebak, Desa Tambakploso, Kecamatan Turi.

"Jebolnya tanggul Kali Plalangan ini akibat naiknya debit air yang membuat tanggul tidak dapat menahan derasnya air dan kejadian ini terjadi pada selasa pagi tadi," kata Didik Wahyudi.

8 Kecamatan Terdampak Luapan Banjir Akibat Hujan Deras di Trenggalek

Untuk saat ini, lanjut Didik kerugian masih belum diketahui karena masih dilakukan penghitungan. Sementara akibat kejadian ini aktivitas masyarakat setempat terganggu.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Lamongan Joko Raharto mengatakan, BPBD Lamongan sudah turun ke lokasi untuk memberikan asesmen dan bantuan barang banjiran. Tanggul yang jebol juga belum diperbaiki karena terkendala derasnya arus sungai.

Halaman Selanjutnya
img_title