Kian Meluas, 3 Kecamatan di Lamongan Terendam Banjir

Rumah warga di Kecamatan Laren terendam banjir
Sumber :
  • Imron/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim – Banjir yang menerjang Kabupaten Lamongan semakin meluas. Data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyebut ada 3 kecamatan yang dilanda banjir.

Polres Lamongan Ungkap Siswi SD Meninggal dengan Pankreas Luka bukan karena Dibully

3 kecamatan itu yakin Laren, Babat dan Turi. Sementara untuk jumlah desa dan rumah yang terdampak banjir hingga kini masih dilakukan pendataan oleh BPBD Lamongan.

Kalaksa BPBD Lamongan Joko Raharto mengatakan, untuk banjir yang berada di Kecamatan Turi ini disebabkan oleh dua titik tanggul Kali Plalangan yang jebol pada Selasa 6 Februari 2024. Sedangkan banjir di wilayah Kecamatan Laren dan Babat ini disebabkan oleh meluapkannya Sungai Bengawan Solo.

Siswi SD di Lamongan Meninggal Diduga karena Dibully, Ortunya Lapor Polisi

"Untuk berapa rumah yang terendam banjir masih kita lakukan pendataan, namun untuk Kecamatan Turi terdapat ratusan rumah warga yang terendam," kata Joko kepada VIVA Jatim, Rabu 7 Februari 2024.

Joko menjelaskan, untuk banjir yang disebabkan jebolnya tanggul Kali Plalangan. BPBD sudah berusaha memperbaiki tanggul yang rusak. Namun karena kuatnya arus sungai tanggul itupun rusak kembali.

Apes, Maling Pompa Sawah di Lamongan Ditangkap Warga Saat Ambil Hasil Curian

"Kita sudah berupaya menangani bencana banjir ini dengan mengirimkan logistik berupa gedek untuk penanganan tanggul sungai yang rusak dan untuk saat ini masih belum didirikan dapur umum karena korban banjir juga tidak ada yang mengungsi," terangnya.

Joko menambahkan, cuaca ekstrim yang terjadi saat ini masyarakat diminta untuk waspada sebab. Cuaca ekstrim seperti ini tak hanya menyebabkan banjir tapi juga bencana lain seperti angin kencang.