Viral Anak-anak Coblos Surat Suara Pilpres di Sampang, Bawaslu: Perlu Ditelusuri

Tangkapan layar video bocah diduga mencoblos surat suara
Sumber :
  • Akun X Omong-Omong Media

Surabaya, VIVA Jatim – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tengah menelusuri kasus dugaan anak-anak sedang mencoblos beberapa surat suara Pilpres 2024. Dalam video yang beredar, peristiwa itu diduga terjadi di Kabupaten Sampang, Madura.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

“Saat ini masih dalam proses penelusuran oleh teman-teman (Bawaslu) Sampang. Karena logatnya dugaannya itu memang di Sampang walaupun bisa jadi bukan di Sampang,” kata Ketua Bawaslu Jatim, A Warits kepada wartawan, Kamis, 15 Februari 2024.

Dalam video yang beredar, terlihat ada tujuh atau delapan orang yang diperkirakan berusia anak-anak atau remaja sedang mencoblos surat suara Pilpres 2024 di bagian gambar pasangan calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Didatangi Pemda dan BKKBN, Ini Alasan Bocah 4 Tahun di Sampang Madura Tunangan

Di bagian bawah video itu tertulis lokasi tempat video itu direkam. Yakni di Desa Pandan, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura.

Beberapa diantaranya terlihat membuka surat suara yang terlipat, dan menyerahkannya ke arah si penusuk paku atau pencoblos. Beberapa orang lainnya bertugas melipat kembali surat suara tersebut.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Dilihat dari logat dan bahasa percakapan anak-anak dalam tersebut, Warits menduga video itu direkam di Sampang. Namun, tak menutup kemungkinan peristiwa itu terjadi di daerah lain.

Ia mengaku telah menginstruksikan Bawaslu Sampang untuk menelusuri video itu.

Halaman Selanjutnya
img_title