YBA Sampaikan Surat Terbuka: Bahas Animo Pemilih Pemula hingga Sengketa Pemilu

Young Buddhist Association (YBA) Indonesia
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pesta demokrasi 5 tahun sekali telah usai digelar. Meski dalam pelaksanaannya terdapat sejumlah kendala, mulai dari kendala teknis hingga cuaca yang tak bersahabat. Namun secara umum Pemilu 2024 berlangsung aman damai dan kondisif. 

Sambut Pilkada 2024, Bawaslu RI Segera Seleksi Panwascam

Hal ini pun membuat Young Buddhist Association (YBA) Indonesia menyampaikan surat terbuka. Surat tersebut dibuat untuk menyikapai hasil perhitungan sementara pemilu 2024. 

Surat terbuka itu mengacu pada surat pernyataan terbuka Young Buddhist Association tentang Netralitas Organisasi Menyambut Pemilihan Umum 2024 tertanggal 18 Oktober 2023, serta menyikapi pelaksanaan pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024 pada pemilu tahun 2024.

Gelar Mindful Festival, Pemuda Buddha Surabaya Hadirkan 6 Pemateri Ulas Hidup Berkesadaran

“Bersamaan dengan ini, izinkanlah kami menyampaikan pernyataan sikap organisasi,” kata Ketua Young Buddhist Association Limanyono Tanto dalam keterangannya, Jumat, 16 Februari 2024 

Pertama, memberikan apresiasi kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya bagi pemilih pemula yang telah menggunakan hak pilihnya dalam pemilu tahun 2024. Kedua, medukung dan mendorong komponen penyelenggara dan pengawas pemilu tahun 2024 untuk tetap menjalankan tugas dan kewajibannya secara profesional sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengikat.

Pesan AHY Soal Pemilu 2024 Saat Hadiri Acara Paskah di Surabaya

“Ketiga, kami mengimbau dan mendorong aparat pemerintah dan penegak hukum untuk tetap netral, sesuai koridor payung hukum dalam mengawal proses pemilu tahun 2024 ini yang belum selesai, agar berjalan sesuai tahapan serta memberikan jaminan rasa aman dan perlindungan kepada penyelenggara, pengawas, dan masyarakat sampai selesainya semua proses pemilu tahun 2024,” tegasnya.

Suasana salah satu TPS di Surabaya.

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
img_title