Diduga Jadi Persembunyian Hamas, Rumah Sakit Nasser Hancur Lebur Diserang Pasukan Israel

Serangan militer Israel di jalur Gaza
Sumber :
  • Viva

Palestina, VIVA JatimRumah Sakit Nasser di Khan Younis mendapatkan serangan dari pasukan Israel pada hari Kamis, 15 Februari 2024, usai menuduh fasilitas medis tersebut menjadi tempat persembunyian kelompok Hamas.

Tegas Dukung Palestina, Rusia Undang Hamas Bahas Genosida Israel

“Pasukan pendudukan menahan banyak staf medis di dalam Kompleks Medis Nasser, yang Israel ubah menjadi pangkalan militer,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al-Qidra melansir Reuters, Minggu, 18 Februari 2024.

Militer Israel mengklaim ada pejuang Hamas yang memanfaatkan RS Nasser untuk tempat persembunyian. Sejauh ini, mereka telah menangkap 100 tersangka di lokasi tersebut dan Militer Israel mengaku menemukan persenjataan dalam RS itu.

Israel Kembali Bombardir Gaza, 700 Warga Palestina Tewas

Hamas membantah tuduhan bahwa para pejuangnya menggunakan fasilitas medis untuk berlindung.

Serangan Israel ke rumah sakit tersebut telah menimbulkan kekhawatiran mengenai pasien, pekerja medis, dan pengungsi Palestina yang berlindung di sana. 

Mediasi Hamas-Israel Terus Dilakukan, dari Gencatan Senjata hingga Pembebasan Sandera

Sekitar 10.000 orang mencari perlindungan di rumah sakit awal pekan ini, namun banyak yang keluar karena mengantisipasi serangan Israel, kata Kementerian Kesehatan Gaza.

Lebih jauh ke selatan di Rafah, tempat lebih dari separuh 2,3 juta penduduk Gaza berlindung, dinginnya musim dingin menambah kondisi yang sudah mengerikan ketika angin meniup beberapa tenda pengungsi dan hujan membanjiri tenda-tenda lainnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title