Ustaz Basalamah Sudah 5 Kali Ceramah di Masjid Assalam Surabaya sebelum Ditolak Ansor

Ibnu Arly, Pembina Yayasan Masjid Assalam Purimas Gunung Anyar.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Ternyaya Ustaz Syafiq Riza Basalamah sudah sering mengisi ceramah di Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Kota Surabaya. Sejak masjid ini didirikan 15 tahun lalu, setidaknya sudah lima kali ulama asal Kabupaten Jember tersebut memberikan ceramah keagamaan.

Titah Ketum Addin Jauharudin soal Konferwil Ansor Jatim: Harus Satu Komando!

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Masjid Assalam Purimas Surabaya Ibnu Arly kepada wartawan, Jumat, 23 Februari 2024.

Ia mengatakan, selama kegiatan pengajian yang diisi Ustaz Syafiq Riza Basalamah di masjid yang dikelolanya selalu berjalan lancar dan tidak ada penolakan dari warga sekitar maupun oleh kelompok tertentu.

GP Ansor Surabaya Ancam Tolak Semua Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah, Begini Alasannya

"Beliau [Ustaz Syafiq Riza Basalamah] sudah lima kali pengajian di Masjid Assalam ini. Baik itu memberikan ceramah kutbah Salat Jumat maupun ceramah-ceramah pada umumnya," ujar Ibnu Arly.

Oleh sebab itu, ia mengaku tidak menyangka bila Gerakan Pemuda Ansor Anak Cabang Gunung Anyar akhirnya menolak kegiatan pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Asaalam Purimas hingga berujung ricuh pada Kamis, 22 Februrari 2024, petang.

Pengelola Masjid Assalam Surabaya Tampik Ceramah Ustaz Syafiq Riza Basalamah Provokatif

Ia menegaskan, Yayasan Masjid Assalam Purimas sudah terbiasa menggelar pengajian rutin dengan menghadirkan sejumlah ulama dan tokoh agama, mulai dari tingkat lokal maupun nasional.

"Tapi tidak apa-apa, karena itu sifatnya keberatan maka kami hargai itu," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title