Lewat Awarding, Pemkot Surabaya Gaungkan Kota Ramah Perempuan dan Anak

Pemkot Surabaya Gaungkan Kota Ramah Perempuan dan Anak
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

JatimPemkot Surabaya berkomitmen mewujudkan dan mempertahankan predikat Kota Layak Anak (KLA) selama lima kali berturut-turut dengan membangun sinergi lewat Awarding Kampung Arek Suroboyo Ramah Perempuan dan Anak (KASRPA) di Royal Plaza, Rabu 16 November 2022. 

Menderita Penyakit Ginjal, Tahanan Kasus KDRT di Tuban Meninggal Dunia di Rumah Sakit

Dalam sambutannya, Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Kota Surabaya, M Afghani Wardhana mengatakan, kegiatan Awarding KASRPA merupakan bentuk apresiasi Pemkot kepada kampung-kampung yang berhasil menunjukkan komitmen dalam mewujudkan lingkungan yang ramah perempuan dan anak. 

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Kami menyadari, selain harus bertumbuh secara biologis, anak-anak juga harus tumbuh secara psikis, khususnya dalam hal pembentukan karakter dan kepribadian anak. Begitu juga dengan perempuan, yang membutuhkan lingkungan harmonis untuk menjaga kesehatan psikisnya,” kata Afghani.

Begini Cara Pemkot Surabaya Wujudkan PPDB SMPN 2024 Lebih Berkeadilan

Ia menjelaskan, beberapa upaya yang telah dilakukan Pemkot untuk mewujudkan Surabaya menjadi Kota RPA, antara lain sosialisasi dinamika remaja, sebagai deteksi dini permasalahan siswa di tingkat SD hingga SMP dengan melibatkan akademisi, psikolog, Kepolisian, dan lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan.

Baca juga: Resmi Dipatenkan, 6 Batik Khas Surabaya Siap Diproduksi Massal

Warga Surabaya Keluhkan Pagar Penghalang Motor di Trotoar Banyak yang Rusak

Capacity Building Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) dan Relawan, di mana terdapat 926 relawan yang tersebar di 31 kecamatan dan 154 kelurahan di seluruh Kota Surabaya,” katanya. 

“Fasilitasi dan pembinaan forum anak tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan. Penyelenggaraan KASRP dan Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga) sebagai wadah edukasi dan pencegahan kekerasan terhadap anak,” jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title