Cuaca Ekstrem Sebabkan Banjir Rob di Pantai Panggul Trenggalek

Kondisi pasca banjir rob di Pantai Konang Trenggalek.
Sumber :
  • BPBD Trenggalek

Trenggalek, VIVA JatimCuaca ekstrem beberapa waktu terakhir di pantai selatan Jawa Timur menyebabkan banjir rob. Banjir rob terjadi di Pantai Panggul dan Pantai Konang hingga masuk ke gelaran lapak-lapak warga.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono mengungkapkan bahwa berdasarkan informasi peringatan dini yang kami dapatkan dari Pusat Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terdapat perubahan cuaca.

"Ombak yang sangat tinggi dan mencapai di beberapa gelaran pedagang di pesisir, khususnya di pesisir selatan tepatnya di Pantai Panggul," ujar Stefanus Triadi Atmono di Mako Pusdalops Trenggalek, Rabu, 13 Maret 2024.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Menurutnya, prakiraan cuaca ekstrem mulai hari kemarin tanggal 12 Maret 2024 hingga 3 hari kedepan. Khususnya di Kawasan Selatan Samudra Hindia ini gelombang tinggi dan ada kecepatan angin yang luar biasa.

"Prediksinya gelombang tinggi 1,5  sampai 2,5 meter," imbuhnya.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Pria yang pernah menjabat Kasatpol PP Trenggalek ini mengaku menurut laporan dari rekan-rekan di lapangan bahwasanya kejadian mulai kemarin pukul 07.30 sampai tadi malam 01.00 WIB. 

"Sementara yang di Munjungan dan Watulimo, kondisinya tidak seperti di Panggul alias aman," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title