Dukung Indonesia Bebas Sampah 2025, Ini Aksi MR DIY di Surabaya

Konferensi pers bersama MR DIY di Surabaya
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/ Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Sebuah perusahaan ritel tanah air, MR DIY, menjalankan program inisiatif berhastag #PilahSampahLebihMudah. Aksi ini dilakukan untuk mendukung Indonesia meraih target negara bersih dari sampah di tahun 2025.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Di hadapan murid-murid Sampoerna Academy Surabaya dan Surabaya Intercultural School, MR DIY mengajarkan cara mengolah sampah secara holistik dengan fokus 3R. Yakni reuse, reduce dan recycle.

Ria Sutrisno, Head of Marketing MR.DIY Indonesia mengatakan, #PilahSampahLebihMudah merupakan wujud komitmen MR.DIY untuk mendukung program Indonesia Bebas Sampah dengan memperkenalkan praktik manajemen sampah yang tepat dan berkelanjutan kepada masyarakat serta mengubah perspektif dalam pengelolaan sampah.

Akhir Tahun 2023, Kali Kelima Ceria Raih Penghargaan Proper Biru

"Dengan fokus Reduce, Reuse, dan Recycle, MR.DIY mengimplementasikan inisiatif ini ke dalam berbagai program kegiatan, mulai dari peningkatan literasi pengelolaan sampah sejak dini, penyediaan dropstation box di toko-toko kami, serta nantinya akan berkolaborasi dengan organisasi dan pemerintah lokal di kota-kota lainnya," ujarnya, Rabu, 20 Maret 2024.

Rangkaian program #PilahSampahLebihMudah dimulai dengan kegiatan kunjungan sekolah di kota Surabaya yang diisi dengan permainan memilah sampah dilanjutkan pemanfaatan barang bekas membuat Self-Watering Planters. Program ini pun disambut antusias positif dari beberapa sekolah di Surabaya.

Bersama Dua Desa Inovatif di Trenggalek, Mas Ipin Diganjar Penghargaan Proklim 2023 dari KLHK

"Kami berharap program ini dapat membuat konsumen dan masyarakat lebih mudah untuk membuang dan memilah sampah dengan benar, sehingga mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan serta program ini dapat menciptakan lebih banyak agen perubahan dan mendorong terciptanya Indonesia Bersih 2025. Satu langkah kecil dari setiap individu adalah awal penting bagi keberlanjutan lingkungan," tandasnya.

Dilansir dari situs resmi Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022 mencatat jumlah timbunan sampah nasional mencapai 21,1 juta ton.

Halaman Selanjutnya
img_title