Bersama Dua Desa Inovatif di Trenggalek, Mas Ipin Diganjar Penghargaan Proklim 2023 dari KLHK

Bupati Trenggalek terima penghargaan Pembina Proklim 2023
Sumber :
  • Prokopim Trenggalek

Trenggalek, VIVA Jatim-Kabupaten Trenggalek berhasil menyabet penghargaan pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2023. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia ke Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dan 2 desa lainnya.

Ratusan Pedagang Bakal Geruduk Pendapa Trenggalek gegara Retribusi Mencekik

Mochamad Nur Arifin atau yang kerap disapa Mas Ipin mendapat penghargaan tersebut pada Festival Iklim 2023 di Auditorium Dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta, Selasa 24 Oktober 2023. 

Penghargaan diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya dan disaksikan seluruh perwakilan yag masuk nominasi.

Berprestasi, 25 Anggota Polres Gresik Diganjar Penghargaan

"Kami ucapkan selamat dan kita Kabupaten Trenggalek dianggap sebagai salah satu pembina Proklim terbaik secara nasional," ujar Mas Bupati Ipin diterima VIVA Jatim, Rabu, 25 Oktober 2023.

Bukan hanya Mas Ipin menerima penghargaan pembina Proklim 2023, dua desa lainnya yang inovatif di Kabupaten Trenggalek menerima penghargaan. Yakni Dusun Nglaban Desa Gading Kecamatan Tugu menerima trofi Proklim Utama. Lalu, Dusun Bendogolor Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul menerima trofi Proklim Lestari.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Menilik apa yang disampaikan Menteri LHK RI, Mas Ipin menjelaskan bahwa ke depan Proklim akan menjadi komunitas yang pro iklim. Yaitu dengan pendekatan berbasis komunitas. Oleh sebab itu, dirinya meminta supaya gelaran Adipura Desa dimodifikasi sedemikian rupa, dengan mengedepankan pelibatan komunitas di dalamnya.

"Sebab kedepan Proklim, tadi juga dilaunching logo terbaru. Kedepan berbasis kepada komunitas yang pro iklim," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title