Gerak Cepat TNI bersama Polri Bantu Warga Korban Gempa Bumi di Bawean Gresik

TNI dan Polri bersama BPBD Gresik melakukan tindakan bantuan di Bawean.
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA JatimPolsek bersama Koramil Sangkapura dan Forkopimcam melakukan bantuan kemanusiaan terkait adanya dampak bencana alam atau gempa bumi di titik 132 KM Timur Laut Tuban Jatim, Sabtu, 23 Maret 2024. 

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom melalui Kapolsek Sangkapura Iptu Anas Tohari gerak cepat melakukan koordinasi serta komunikasi dengan instansi terkait di wilayah Kecamatan Sangkapura guna membantu masyarakat yang terdampak gempa bumi.

Kejadian gempa bumi di wilayah Kecamatan Sangkapura di titik 132 KM Timur Laut Tuban-Jatim tiga kali. Goncangan gempa yang paling kuat terjadi pukul 15.52 WIB terasa magnitudo 6.5, atau gempa susulan kali ketiga.

Gempa Bumi 7,4 SR yang Melanda Taiwan Berpotensi Tsunami, Berdampak ke Indonesia?

Akibatnya, banyaknya bangunan mulai rumah, fasilitas umum yang rusak. Mulai dari kerusakan ringan sampai kerusakan berat di Kecamatan Sangkapura.

"Menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap siaga dan berhati hati. Tidak panik pada saat terjadi gempa susulan serta menempatkan diri di lapangan terbuka, menjauhi bangunan atau benda yang tinggi dan selalu mengkomunikasikan segera dengan pihak Kepolisian bila terjadi dampak yang ditimbulkan oleh gempa susulan," ujarnya.

TNI AL Salurkan Ribuan Paket Bantuan Bagi Korban Gempa Bumi Tuban dan Bawean

Warga yang mengungsi di tempat lapang, atau tempat yang dataran agak tinggi. Saat ini warga dapat kembali ke rumah, melihat kondis rumah, lingkungan sekitar dan perabotan dalam rumah.

"Warga dapat kembali lagi ke rumah masing-masing. Bisa melihat-lihat kondisi rumah. Tapi tetap waspada," kata Iptu Anas.

Halaman Selanjutnya
img_title