Kemantapan Jalan Nasional di Jatim 98,2 Persen untuk Mudik Lebaran 2024

Jalan Nasional di Jatim
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Kondisi kemantapan jalan nasional di Jawa Timur mencapai 98,2 persen pada saat momen Lebaran tahun 2024 dan siap digunakan sebagai jalur mudik.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur - Bali, Nanang Permadi, melalui keterangan tertulis mengatakan, jalan nasional non tol di Jawa Timur memiliki panjang 2.261 kilometer dan jembatan 33.521 kilometer.

"Saat ini jalan nasional [non tol] di Provinsi Jawa Timur terdiri dari 2.261 kilometer dan jembatan 33.521 meter dengan kondisi kemantapan 98,2296 [persen]," ucapnya, Jumat 5 April 2024.

Titik Balik Edukasi Keselamatan Perlintasan Sebidang Kereta di Tulungagung

Nanang melanjutkan, sebagai upaya mendukung kelancaran lalu lintas mudik lebaran, telah dilakukan percepatan penggantian empat jembatan di Banyuwangi. Yaitu Jembatan Alas Buluh I dan II, Jembatan Curah Sawo, dan Jembatan Wongsorejo.

"Keempat jembatan tersebut dilaksanakan dengan kontrak tahun jamak dan sedianya selesai pada tahun 2024, namun dipercepat sehingga pekerjaan telah selesai pada Desember 2023," ucapnya.

Tips Merawat Mobil yang Lama Tidak Terpakai usai Ditinggal Mudik

Sedangkan untuk pekerjaan pelebaran jalan pada perlintasan rei sebidang JPL 32 di Malasan, Probolinggo dan JPL 43 di Ranuyoso, Lumajang juga dikatakan Nanang, telah selesai.

Sementara untuk mendukung kelancaran arus mudik maupun balik pada Lebaran tahun 2024 ini, pihaknya dikatakan Nanang Permadi, juga telah melakukan upaya preventif maupun reaktif.

Halaman Selanjutnya
img_title