Hasil Pantauan BMKG, Idul Fitri 1445 H Jatuh pada Rabu Besok

Ilustrasi Pemantauan Hilal
Sumber :
  • Viva.com

Tuban, VIVA Jatim – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban memastikan hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 10 April 2024.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Ini berdasarkan hasil pengamatan dari BMKG yang menunjukan tanda awal Syawal yang dilihat di seluruh dunia hilal sudah di atasi ufuk > 0⁰, lalu dilihat dari Selandia baru tinggi hilal mencapai 1⁰.

Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama mengatakan, bahwa tanggal 8 april 2024 telah terjadi gerhana matahari di Canada, artinya gerhana matahari merupakan tanda Ijtimak atau konjungsi yang dapat dilihat langsung dengan mata.

Suami Tega Habisi Istrinya dengan Cara Dicekik, Pelaku Malah Coba Bunuh Dirinya

"Besok tanggal 10 hari raya Idul Fitri dan seluruh dunia sepakat bahwa Idul Fitri jatuh pada tanggal 10 April," kata Zem, Selasa 9 April 2024.

Zem menjelaskan, adanya gerhana matahari ditambah dengan hisab Obs hilal pada tahun 2024 tidak terpengaruh oleh penglihatan.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Zem menuturkan, pada sore hari ini Kementerian Agama (Kemenag) Tuban bersama instansi terkait sedang melakukan kegiatan Rukyatul Hilal awal Syawal yang dilaksanakan di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Untuk itu pihaknya meminta untuk menunggu.

"Kita menunggu keputusan dari sidang isbat sebentar," pungkasnya.