Kata Buya Yahya Hukum Pinjam Uang di Bank Syariah, Apakah Riba?

Penceramah Buya Yahya.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA Jatim-KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan tentang bagaimana hukum meminjam uang di Bank Syariah. Apakah termasuk riba

Buya Yahya: Bagaimana Hukum Puasa Syawal tapi Masih Punya Utang di Ramadan?

Buya Yahya menegaskan umat Muslim boleh meminjam uang di bank syariah, sebab sudah banyak produk bank syariah yang sesuai syariat Islam.

"Selagi yang berlabel syariah Anda jangan banyak tanya, tapi Anda husnudzon. Karena di bank-bank syariah sudah ditangani ahlinya untuk mensyariatkan transaksi di dalamnya," ujar Buya Yahya di YouTube Al Bahjah TV.

Bagaimana Hukum Memberi Zakat Fitrah ke Orang Tua Sendiri? Ini Kata Buya Yahya

Agar menjamin terbebas dari riba, Buya menyarankan untuk datang ke bank syariah dan mempelajari produknya secara langsung.

"Insya Allah adalah halal, dan berkah. Justru Anda perlu mendukung bank syariah. Bank syariah sejauh ini kami dukung," kata beliau.

Lebaran Identik dengan Baju Baru? Ini Kata Buya Yahya

"Karena lawan kita adalah bank-bak konvensional. Artinya, jangan sampai bank yang sudah berlabel syariah ini semakin terpuruk gara-gara kita tidak mendukungnya," sambungnya. Buya Yahya berharap umat Muslim mau beralih dari bank konvensional ke bank syariah sebagai ujud dukungan. 

“Siapa pun yang sudah bergabung dengan bank syariah jangan merendahkan siapa pun yang masih di bank konvensional," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title