Selamatan Durian Trenggalek, Mas Ipin: Menjaga Alam Berikan Keberkahan

Suasana metri atau selamatan durian
Sumber :
  • Prokopim Trenggalek

Trenggalek, VIVA Jatim-Salah satu rangkaiaan event menarik dari Internasional Durio Festival tahun 2024 yaitu metri atau sedekah selamatan durian

PDIP Kuasai DPRD Trenggalek, PKB Posisi Kedua

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin Metri Durian mengungkapkan bahwa secara esensi selamatan durian sebagai bentuk cara menjaga alam dan tradisi yang akan memberikan keberkahan.

Menurut Mas Ipin, sapaan akrab bupati muda ini menerangkan selamatan dilakukan juga sebagai cara mengembalikan kembali adat istiadat yang dilakukan para pendahulu. Yang di dalamnya ada bersedekah hasil bumi yaitu buah durian. 

Ratusan Pedagang Bakal Geruduk Pendapa Trenggalek gegara Retribusi Mencekik

"Dibalik sedekah itu ada pesan, ketika kita menjaga alam dan lingkungan, maka alam dan lingkungan akan memberikan kembali keberkahan kepada kita, hasil panen yang melimpah," ujar Mas Ipin di Desa Wisata Durensari, Desa Sawahan Kecamatan Watulimo, Minggu, 21 April 2024. 

Ia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan warga sekitar. Meski seharusnya terselenggara di Bulan Ramadan, akan tapi karena panen raya bertepatan bulan puasa akhirnya mundur.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

"Alhamdulillah tetap bisa berjalan dengan lancar. Dukungan dari pemerintah provinsi, PT Astra, sponsorship, masyarakat, LMDH dan petani-petani yang bersedekah durian, saya terima kasih," paparnya.

Pria yang juga Wakil Ketua APKASI mengaku tanpa dukungan dari sebua pihak acara ini tidak bisa sukses. Mas Ipin mejelaskan untuk konsep acara sendiri lebih kepada mengembalikan lagi adat.

Halaman Selanjutnya
img_title