Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Fitriyah Kusumawati
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA JatimBayi kembar siam yang saat ini telah ditangani oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung menjadi perhatian bersama. Seluruh pembiayaan bayi kembar siam tersebut bakal tercover oleh BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung selama hasil diagnosa dinyatakan ada keluhan, baik sebelum maupun pasca operasi

Mobil Listrik Wuling Cloud EV Kini Bisa Dipesan di Surabaya, Intip Harganya

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Fitriyah Kusumawati mengatakan nominal yang tercover sesuai dengan keluhan sakit yang didierita pasien. Mulai dari persoalan sakit yang diderita maupun ada keluhan lain dari bawaan.

"Kalau misal bayinya ini ada keluhan kembung, itu kan ada nanti diagnosanya apa. Nanti RS bisa menagih ke kami, operasi sendiri insyaallah tercover," ujar Fitriyah Kusumawati saat dikonfirmasi, Rabu, 24 April 2024.

Musim Kemarau Tiba, Legislator DPRD Jatim Wanti-wanti Kebakaran Hutan

Perihal nominal, pihaknya mengaku tetap sesuai dengan tarif terbentuk dari diaganosa yang diderita oleh pasien. Termasuk dalam pasca operasi, dimana BPJS Kesehatan menggunakan tarif menggunakan tarif INA-CBG’s atau Indonesia Case Based Groups satu episode perawatan. 

"Jadi pasien dari masuk RS, kemudian dilakukan operasi sampai observasi, pasien dinyatakan pulang itu satu episode," terangnya.

Bos Freeport Indonesia Yakin Smelter di Gresik Beroperasi pada Juni 2024

Dirinya menjelaskan bahwa untuk BPJS Kesehatan Jaminan Kesehatan Nasional membiayai pelayanan kesehatan yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan medis dari pasien.

"Sehingga nanti kalau pasien itu membutuhkan pelayanan kesehatan itu dilakukan oleh RS. Kemudian RS menagih ke BPJS sesuai dengan sakit yang diderita oleh peserta," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title