Hari Bumi 2024, PLN Jatim Bersama DLH Surabaya Tanam 400 Bambu di TPA Benowo

Aksi penanaman ratusan bambu di TPA Benowo, Surabaya.
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA JatimPerusahaan Listrik Negara Unit Induk Distribusi Jawa Timur (PLN UID Jatim) menanam 400 tanaman jenis bambu di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya, Minggu, 28 April 2024.

Bangun Kepercayaan Publik, PLN Jatim Ajak Mitra Terapkan Budaya K3 dan Anti Suap

Dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup setempat, penanaman ratusan bambu itu dilakukan untuk memperingati Hari Bumi setiap tanggal 22 April.

General Manager PLN UID Jatim, Agus Kuswardoyo memaparkan, aksi tanam pohon ini merupakan program perusahaan yang ia pimpin dalam mendukung pemerintah mengatasi isu perubahan iklim sekaligus sebagai penerapan kegiatan environmental, social and government korporasi.

Revitalisasi TPST Branggahan, Cara Pemkab Kediri Tingkatkan Pengelolaan Sampah

Sedangkan bambu dipilih, karena jenis tanaman ini berperan menangani limbah beracun, menyerap karbon serta bau hingga penahan erosi di sekitar TPA Benowo.

"Upaya penghijauan yang dilakukan PLN kali ini mendukung program pemerintah untuk area sekitar TPA Benowo, sebelumnya juga sudah dilakukan penanaman 200 tanaman di wilayah yang sama. Tak hanya itu, PLN juga telah melakukan penanaman 20 ribu pohon mangrove di kawasan Hutan Mangrove Gunung Anyar, Surabaya, Teluk Pangpang Banyuwangi, Lamongan dan lainnya," papar Agus.

Sambut Lebaran 2024, PLN Jatim Siagakan 4.782 Personel dan Tambah 47 SPKLU

Ia berharap melalui upaya penghijauan ini, PLN dapat berkontribusi menjaga keseimbangan ekosistem, menurunkan suhu, mengurangi polusi udara serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jawa Timur. Ke depannya aksi penghijauan ini akan terus digalakkan PLN secara konsisten.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Dedik Irianto menambahkan, keterlibatan institusinya pada kegiatan ini merupakan bukti komitmen pemerintah bersama PLN, dalam menangani isu lingkungan di Kota Surabaya. 

Halaman Selanjutnya
img_title