Ahmad Dhani dan Bayu Dinilai Sepadan Lawan Eri-Armuji di Pilwali Surabaya

Ahmad Dhani
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Nama musikus ternama yang juga politikus Gerindra, Ahmad Dhani, masuk dalam bursa Pilwali Surabaya 2024. Ia bisa jadi bergandeng dengan menantu Soekarwo atau Pakde Karwo, Bayu Airlangga, jika koalisi Gerindra-Golkar terbangun.

Soroti Kematian Mahasiswi UINSA Karena Jambret, IKAMABA: Surabaya Rawan Kriminalitas

Dhani-Bayu dinilai sepadan bisa melawan duet petahana, Eri Cahyadi-Armuji. "Ahmad Dhani dan Bayu punya modal popularitas dan itu perlu dioptimalkan," kata pakar politik dari Surabaya Survey Center, Surokim Abdussalam, kepada VIVA Jatim pada Rabu, 15 Mei 2024.

Namun, lanjut Surokim, berkontestasi di Pilwali Surabaya tidak hanya bisa bermodalkan popularitas. "Untuk kebutuhan Kota Surabaya tidak cukup hanya bekal popularitas, harus ditopang kapabilitas dan kompetensi juga yang sebanding. Itu menjadi tantangan dari paslon Ahmad Dhani dan Bayu Airlangga," ujarnya.

Eri Cahyadi-Armuji Datangi PSI: Bangun Surabaya Perlu Kolaborasi

Dia mengatakan, Pilwali Surabaya tidak baik buat perkembangan demokrasi jika hanya menampilkan calon tunggal. Sebab, stok figur potensial untuk menjadi pemimpin di Kota Pahlawan masih banyak. "Kian banyak paslon yang maju, akan kian baik bagi Kota Surabaya," ujar Surokim.

Nah, karena itu, pengajar guru besar Universitas Trunojoyo Madura itu berharap agar poros baru betul-betul terbangun di Pilwali Surabaya 2024. "Munculnya poros-poros baru tentu layak diapresiasi dan penting untuk dikuatkan guna menambah alternatif calon pemimpin dan juga memantik program-program strategis yang lebih progresif," tandasnya.

Eri Cahyadi Daftar ke PSI di Tengah Isu Kaesang Pangarep Maju Pilwali Surabaya

"Saya berharap munculnya poros-poros itu bisa menghadirkan paslon-paslon yang sepadan dan setanding dengan petahana, agar petahana juga tidak merasa jumawa dan mendapatkan kompetitor yg sepadan. Dengan munculnya poros-poros baru, Pilwali Surabaya akan kian dinamis dan lebih menarik," imbuh Surokim.

Sebelumnya, Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad mengaku tengah melakukan penjajakan untuk berkoalisi dengan Partai Beringin untuk kemungkinan membuat poros baru itu.

Halaman Selanjutnya
img_title