PKB Bangun Poros Baru Usung Kiai Marzuki Mustamar Lawan Khofifah

Sekretaris PKB Jawa Timur Anik Maslachah
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim – DPW PKB Jawa Timur tengah serius membuat poros baru untuk menandingi Khofifah Indar Parawansa dalam perhelatan politik Pemilihan Gubernur Jatim 2024. Saat ini, PKB sudah menjalin komunikasi intens lintas partai, di antaranya dengan NasDem, PKS dan Partai Ummat. 

Mau Usung Kiai Marzuki-Risma di Pilgub Jatim, PKB Minta Nasihat Ulama Khos

"Siapapun calon yang diusung oleh PKB mereka akan bersama-sama," kata Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah di Surabaya, Kamis 23 Mei 2024. 

Saat ini sudah santer di publik beberapa nama calon Gubernur Jatim dari PKB, seperti Ketua PWNU Jatim 2018-2023 KH Marzuki Mustamar dan anggota DPR RI dari dapil Surabaya-Sidoarjo Arzeti Bilbina

Bangun Poros Baru, PKB Siapkan Sosok Tandingan Khofifah-Emil

Peluang terbentuknya poros baru memang terbuka lebar. Apalagi keempat parpol tersebut hingga saat ini belum menentukan pilihan politik terkait Pilgub Jatim 2024. Poros baru itu juga berpotensi terbentuk jika berkaca dari perolehan kursi mereka dari hasil Pemilu 2024. 

Berdasarkan hasil Pemilu 2024, PKB memiliki 27 kursi atau setara 22,5 persen dari total 120 kursi DPRD Jatim. Sementara NasDem memiliki 10 kursi atau berkisar 8,3 persen, sedangkan PKS 5 kursi atau 4,2 persen. Adapun Partai Ummat belum mendapatkan kursi. 

Petahana Mas Dhito Tak Dapat Rekom NasDem: Demokrasi Berjalan Tak Sepihak

Dengan hitungan kursi ini, setidaknya poros koalisi PKB akan memiliki modal 35 persen kursi dan cukup untuk berangkat ke Pilgub Jatim 2024. 

Jika poros ini terbentuk, maka akan melawan koalisi gemuk pengusung Khofifah. Yakni Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat. Kemudian belakangan ada PPP dan Perindo. 

Halaman Selanjutnya
img_title