Bukan Arwah Vina Cirebon, Ulama Jawa Timur Ungkap Sosok yang Rasuki Linda

Poster film layar lebar berjudul Vina
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Kasus pembunuhan Vina asal Cirebon disebut-sebut terungkap berkat pengakuan arwah Vina yang merasuki tubuh sahabatnya, Linda.

Baca Doa Ini untuk Bentengi Diri dari Gangguan Setan hingga Santet

Ketika Linda kesurupan, arwah Vina menceritakan bagaimana ia tewas dibunuh oleh segerombolan anak motor dan menyebut dalang pembunuhan. Pengakuannya berbentuk rekaman suara kemudian viral di media sosial.

Delapan tahun berselang, peristiwa heboh pada masanya itu diangkat ke layar lebar. Kasus yang mulai redup pun kini kembali menjadi sorotan publik.

Pembangunan Kantor MUI Jatim Jadi Pelecut Medan Perjuangan Ulama

Menurut salah seorang ulama di Jawa Timur, KH Hasan Ubaidillah, fenomena kesurupan seperti dalam kasus pembunuhan Vina asal Cirebon itu sudah dikenal dalam sejarah peradaban masyarakat Jawa.

Kiai Hasan Ubaidillah menegaskan, saat kesurupan, orang tersebut biasanya melakukan hal-hal tak terkontrol. Seperti berbicara sendiri hingga bertindak di luar kesadaran karena ada sosok makhluk gaib yang hinggap pada tubuhnya.

MUI Jatim Sebut Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Mati Syahid, tapi Sia-sia

Sekretaris MUI Jawa Timur ini menegaskan, makhluk gaib yang merasuki tubuh manusia bisa dari golongan jin maupun iblis. Sedangkan arwah orang yang sudah meninggal dunia akan kembali ke hadapan Allah SWT.

"Sehingga beberapa kejadian seperti [kasus Vina] ini itu, ya memang [bisa] dikatakan tidak lazim. Kalaupun itu ada, dipercaya oleh masyarakat, yaitu semua kehendak Allah," ujarnya kepada VIVA Jatim, Kamis, 23 April 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title