Peduli Gempa Cianjur, Bambang Haryo Salurkan Bantuan ke Korban

BHS saat menyalurkan bantuan ke korban gempa Cianjur.
Sumber :
  • Dokumen BHS.

JatimGempa Cianjur, Jawa Barat, memantik kepedulian banyak pihak, baik pemerintah maupun elemen masyarakat. Tak terkecuali anggota DPR RI periode 2014-2019 Bambang Haryo Soekartono, akrab disapa BHS. Bersama DLU Holding dan sejumlah mitra usaha, dia menyalurkan secara langsung bantuan ke korban terdampak di Cianjur.

Elektabilitas Anwar Sadad di Pilgub Jatim Capai 9 Persen Menurut Survei ARCI

Bantuan disalurkan di desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur, dan Desa Gasol, Kecamatan Cugenang. “Saya bersama-sama dengan PT Dharma Lautan Utama dan mitra usaha membantu meringankan beban para pengungsi dengan mengirimkan beberapa kebutuhan sembako,” kata BHS dalam keterangannya, Selasa, 29 November 2022. 

Selain sembako, ada juga bantuan selimut, obat-obatan dan kebutuhan lainnya, yang disalurkan di beberapa titik di titik terdampak. “Saya juga memberikan bantuan enam televisi untuk menghibur mereka selama dipengungsian dan saya juga memberikan bantuan 5 tandon dan 6 toilet portable karena banyak rumah rumah warga yang hancur toiletnya akibat gempa,” ujarnya.

Sesar Muria Diduga Jadi Sebab Gempa Bumi Tuban, Apa Itu?

Anggota Dewan Pakar Partai Gerindra itu berharap pemerintah cepat menangani bencana  gempa ini dan menetapkan sebagai Status Tanggap Bencana Nasional sehingga penanganannya dibantu maksimal oleh pemerintah pusat dan pemulihan akan menjadi lebih cepat.

Di lokasi terdampak, BHS mengaku menerima informasi dari kepala desa belum adanya petugas trauma healing untuk menetralisir kondisi stres dan trauma dari warga yang terdampak gempa. “Saya juga sangat menyayangkan Kementerian Perhubungan belum secara maksimal dilibatkan lebih awal dalam mengecek dan mengantisipasi kerusakan infrastruktur jalan, terminal bus, stasiun kota, rel dan jembatan baik jalan maupun kereta api, dan kerusakan jalan jalan raya serta putusnya jalur jalur evakuasi termasuk jalur pengiriman logistik,” ucapnya.

Rakor Bersama BNPB, Pj Gubernur Adhy Pastikan Pemprov Jatim Bantu Rekonstruksi Bangunan Pasca Gempa

Menurut BHS, urusan tersebut merupakan tugas pokok Kemenhub untuk menginformasikan kepada seluruh masyarakat, baik yang terdampak maupun yang akan membantu, untuk mengetahui kerusakan dan penutupan infrastruktur jalan dan jembatan akibat gempa, termasuk kepada mitra kerjanya, yaitu Kementerian PU untuk dipulihkan secara cepat dan sempurna. 

“Apalagi saat ini Kementerian Perhubungan sedang membangun jalur kereta api cepat Jakarta - Bandung yang melewati Cianjur, seharusnya juga dilakukan pengecekan apakah ada pengaruh dampak gempa terhadap infrastruktur yang mengalami kerusakan,” kata BHS.

Halaman Selanjutnya
img_title