Motor Samsat Dulur Siap Keliling Surabaya Permudah Warga Bayar Pajak Kendaraan

Peluncuran program Motor Samsat Dulur di Surabaya
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur bersama Tim Pembina Samsat meluncurkan program Motor Samsat Dulur. Inovasi untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan dengan sistem jemput bola.

Polwan Bakar Suami di Mojokerto Segara Diadili

Sesuai misinya, Motor Samsat Dulur akronim dari Samsat Dugi Kelurahan akan berkeliling menyasar pemukiman padat penduduk, khususnya di kawasan Surabaya Utara.

"Inovasi ini begitu luar biasa dan kreatif. Inovasi tidak perlu muluk-muluk, membuat sesuatu yang dulu belum ada sekarang menjadi ada. Sederhana saja, Samsat Dulur adalah salah satunya," kata Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim AKBP Raden Erik Bangun Prakasa, Selasa, 4 Juni 2024.

Jual Burung Dilindungi, Warga Mojokerto Ditangkap Polisi

Ia mengatakan, peluncuran program ini sekaligus menyambut Hari Bhayangkara ke-78 yang diperingati setiap tanggal 1 Juli.

Ia berharap inovasi ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat agar selalu taat membayar pajak kendaraan bermotor. Kedepan diharapkan bisa diterapkan di daerah lain.

10 Pati dan Pamen Polda Jatim Dimutasi Jelang Pilkada Serentak 2024

"Nanti anggota akan langsung datang ke kelurahan bekerjasama dengan Babinsa, Babinkamtibmas untuk melakukan pembayaran pajak yang nantinya dapat meningkatkan PAD [Pendapatan Asli Daerah] juga meningkatkan kepuasan terhadap layanan kepolisian di tiap-tiap kelurahan," lanjutnya.

Untuk sementara, terdapat dua unit Motor Samsat Dulur Surabaya Utara yang akan dioperasionalkan sebagai prototope sebelum diterapkan di tempat lain. Rencananya inovasi baru ini berlanjut ke Samsat Surabaya Barat dan Samsat Surabaya Timur berkolaborasi dengan kelurahan setempat.

Halaman Selanjutnya
img_title