Survei Unisda Lamongan, Elektabilitas Yuhronur Tertinggi di Mata Warga NU dan Muhammadiyah

Rilis survei Pilbup Lamongan oleh Unisda.
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim – Pusat Studi Demokrasi dan Kebijakan Publik (PSDK) Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan merilis hasil survei Pilkada Lamongan 2024 mendatang, Selasa 11 Juni 2024. Hasilnya, warga Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah masih menginginkan Yuhronur Efendi kembali menjadi bupati.

Lamongan Medical Week 2024 Sukses Pecahkan Rekor MURI

Survei PSDK melibatkan 1.200 koresponden yang tersebar di 27 kecamatan di Lamongan. Survei ini diambil dari berbagai jenjang usia dan latar belakang profesi dan survei digelar pada 26 - 31 Mei 2024 lalu.

Peneliti PSDK, Ahmad Sholikin mengatakan, survei elektabilitas Yuhronur Efendi diangka 35 persen, disusul Abdul Ghofur dengan 15 persen dan Suhandoyo 12 persen. Sedangkan untuk nama kandidat lain seperti Abdul Rouf, Khusnul Yakin, Debby Kurniawan, Ahmad Shandy mendapat angka dibawah 5 persen.

Cucu Pendiri NU Sebut Kiai Marzuki Masih Dirindukan Warga Nahdliyin

"Hasil survei yang kami rilis untuk bakal calon Bupati Lamongan Yuhronur Efendi masih tinggi dibandingkan calon lainnya survei ini juga kita lakukan di dua ormas Islam NU dan Muhammadiyah," kata Peneliti PSDK, Ahmad Sholikin.

Sholikin menjelaskan, dari keseluruhan koresponden menjatuhkan pilihannya berdasarkan latarbelakang figur, kedekatan, dan hubungan calon dengan pesantren, kemudian partai politik dan tokoh muda atau milenial.

Pilkada Lamongan 2024: Yuhronur Efendi Daftar di PDIP, Ketua PKB Daftar di NasDem

Sementara itu, peneliti PSDK Halim menjelaskan hasil survei tersebut masih sangat dinamis koresponden cenderung bisa merubah pilihannya lantaran belum masuk masa kampanye dan tahapan pilkada.

"Masih dinamis, mengingat hari ini pemilih masih mengukur kandidat berdasarkan media sosial, juga belum masa kampanye," pungkasnya.