Belanja APBD Surabaya Terbesar se-Indonesia, Ini Kata Eri Cahyadi

Rakor Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Instruksi Presiden
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Jatim – Belanja APBD Kota Surabaya untuk sektor Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Produk Dalam Negeri (PDN) tercatat sebagai yang terbesar se-Tanah Air dibandingkan semua kota se-Indonesia.

Mitigasi Gempa, Rumah Sakit di Surabaya Diminta Hitung Ulang Struktur Bangunan

Tercatat, belanja APBD Surabaya untuk UMK per 25 November 2022 telah mencapai Rp 1,2 triliun. Adapun belanja untuk PDN tembus di angka Rp1,7 triliun. 

Data tersebut diungkap oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada Rakor Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022, tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan PDN dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. 

Jokowi Dikabarkan Maju Calon Ketum Partai Golkar, Apakah Benar?

Hadir dalam rakor tersebut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Kepala LKPP Hendrar Prihadi, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) M Yusuf Ateh, dan perwakilan kementerian/lembaga serta pemda se-Indonesia.

Pemkot Surabaya telah dan akan terus mengoptimalkan belanja untuk UMKM dan produk dalam negeri. Ini soal keberpihakan ke ekonomi rakyat,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Selasa 29 November 2022. 

Serunya Ngabuburit di Tugu Pahlawan: Ada Kuliner, Hiburan hingga Pasar Murah

Baca juga: Pemkot Surabaya-Kemenaker Siap Bersinergi soal Program Padat Karya

APBD, lanjut Eri, jangan lagi hanya dinikmati pabrikan-pabrikan besar. Harus semakin banyak UMKM yang menikmati APBD, demi kesejahteraan warga Surabaya  

Halaman Selanjutnya
img_title