Rekonsiliasi Data, Cara Kemenkumham Jatim Minimalisir Perbedaan Laporan Keuangan dan BMN

Kakanwil Kemenkumham Jatim Heny Yuwono
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Untuk meminimalisasir perbedaan pencatatan yang dapat mempengaruhi validitas dan akurasi data yang disajikan dalam laporan keuangan, maka Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan dan BMN Semester I T.A. 2024 pada Senin, 1 Juli 2024.

Tiga Strategi Ampuh Pemprov Jatim Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan 0,56 Persen

Kegiatan yang digelar secara hybrid dan dilaksanakan di Aula Raden Wijaya tersebut dibuka secara langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Heny Yuwono yang didampingi Kadiv Administrasi Saefur Rochim dan para Ka UPT para Korwil Surabaya dan sekitaranya.

Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya Laporan Keuangan Pemerintah sebagai instrumen vital dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

Hari Bhayangkara, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Diganjar Pin Emas dari Kapolri

“Laporan Keuangan juga berfungsi memberikan informasi penting untuk pengambilan keputusan strategis yang berdampak pada pembangunan dan pelayanan publik,” terangnya.

Laporan Keuangan, lanjutnya, bukan sekadar dokumen statis, tetapi merupakan jendela informasi atas pengelolaan keuangan negara kepada masyarakat. Karena di dalamnya terkandung informasi mengenai pendapatan, belanja, aset, dan kewajiban pemerintah yang disajikan secara sistematis dan mudah dipahami.

Hari Bhayangkara, 18 Anggota Polres Mojokerto Kota Diganjar Penghargaan

Salah satu poin penting yang disampaikan oleh Kakanwil adalah bahwa kerja harus dilakukan secara akuntabel.

“Hal ini berarti bahwa setiap pekerjaan harus dilakukan dengan cermat, teliti dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Selain itu, setiap pekerjaan juga harus dapat dipertanggungjawabkan dengan baik,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title