Pj. Gubernur Adhy Ungkap Logistik Kebencanaan Jatim Sangat Baik

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono
Sumber :
  • Istimewa

Banyuwangi, VIVA Jatim – 600 peserta BPBD se-Jatim dan Bali ikuti acara Sarasehan Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana tahun 2024 di Pantai Boom Banyuwangi, Minggu 14 Juli 2024. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menjadi keynote speaker.

Pj Gubernur Adhy Optimis Kontingen Jatim akan Meraih Hasil Membanggakan di PON XXI Aceh-Sumut

Pada kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Adhy menyampaikan bahwa berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ketersedian logistik dan peralatan mitigasi bencana di Jatim mencapai 73 persen.

"Sistem manajamen logistik dan peralatan itu sangat menentukan keberhasilan penanganan bencana. Dan seperti kata Kepala BNPB, bahwa ketersedian logistik dan peralatan mitigasi bencana di Jatim sudah sangat baik yakni 73 persen," ujarnya.

19 SDM Kesehatan Jatim Raih Penghargaan Jadi Pelecut Peningkatan Pelayanan

"Kita berharap dengan adanya sarasehan ini, menjadi momentum dalam menyempurnakan dan mengupgrade peralatan yang ada," imbuhnya. 

Berkaitan dengan peningkatan peralatan mitigasi bencana, lanjut Adhy, Pemprov Jatim terus berupaya memanfaatkan teknologi sebagai early warning system. Hal tersebut dinilai sangat penting, mengingat banyak negara-negara maju yang berhasil dalam mitigasi bencana karena adanya bantuan teknologi. 

Pemprov Jatim Buka Seleksi CPNS 2.314 Formasi, Pj Gubernur Adhy: Ini Terbesar Sepanjang Sejarah Jawa

"Kita terus memantau semua informasi teknologi kebencanaan. Kemarin kami ke Jepang untuk melihat penggunaan teknologi vulkanologinya," katanya. 

Selain penggunaan peralatan dan teknologi, Adhy menambahkan, peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga sangat penting. Oleh karenanya diperlukan pelatihan dan pendampingan yang intens serta berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
img_title