Khofifah Didukung Parpol Besar di Pilgub Jatim, PKB Tak Peduli

Khofifah-Emil bertemu Prabowo Subianto
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Sosok Khofifah Indar Parawansa yang merupakan petahana didukung oleh beberapa partai politik besar dalam kompetisi Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024 dipersoalkan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia menyebut elektabilitas Khofifah masih di bawah 50 persen. 

Khofifah Tanggapi Soal Potensi Suara di Mataraman: Semua Berjalan Baik

Dinamika politik di Jawa Timur yang sudah berbeda dengan ketika ibu Khofifah maju sebagai calon gubernur yang pertama, ya saya kira punya peluang kemenangan yang lebih besar," ujar Ketua DPP PKB Luluk Nur Hamidah kepada wartawan di Jakarta, Minggu, 21 Juli 2024.

Survei elektabilitas incumbent ya, itu kan tidak atau kurang dari 50 persen sebenarnya ini cukup mengkhawatirkan toh harusnya kalau incumbent kuat mestinya di atas 50 persen dong, tapi juga ternyata masih di bawah 50 persen," sambungnya. 

Khofifah Minta Doa Restu sebagai Cagub Jatim ke Ribuan Kader Muslimat Tulungagung

Di sisi lain, Luluk mengatakan bahwa Jawa Timur berhak memiliki sosok pemimpin yang bersih dari beban masa lalu. Maka, PKB berharap ada sosok yang kuat dan tegas dalam memimpin.

Kita bilang berkali-kali seperti ini Jawa Timur berhak untuk dipimpin oleh seseorang atau figur yang bersih, yang tidak punya beban masa lalu, enggak punya juga beban di masa yang akan datang, yang enggak akan disandera oleh apapun," ujar dia.  

Pengamat Bilang Risma Lawan Terberat Khofifah di Pilgub Jatim, Ini Alasannya

Luluk mengatakan saat ini PKB sedang menjalin komunikasi dengan PDIP untuk koalisi di Pilgub Jatim. Menurut Luluk, PKB dan PDIP akan saling menguntungkan jika berkoalisi di Jatim dan pelung menang lebih besar.

PDIP-PKB mencoba mencari kesamaan sedekat mungkin untuk bisa ya memperkuat lah kemenangan kita di Pilkada, termasuk di Jawa Timur PKB-PDIP dia kekuatan besar yang masing-masing punya basis elektoral yang sangat berbeda, tetapi memiliki irisan yang sangat dekat," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title