Jalan Lempang Aklamasi Gus Kikin Terpilih sebagai Ketua PWNU Jatim

KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin
Sumber :
  • VIVA Jatim/Madchan Jazuli

Jombang, VIVA Jatim – Pemilihan Rais Syuriah dan Ketua Tanfidziah PWNU Jatim di arena Konferwil NU Jatim ke XVIII di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, sepertinya akan berjalan tanpa dinamika berarti. KH Anwar Manshur dan KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin berpeluang terpilih memimpin NU Jatim lima tahun ke depan.

Bila PKB dan PDIP Koalisi di Pilgub Jatim, Pakar UINSA: Cukup Mengganggu Khofifah-Emil

Untuk pemilihan rais syuriah ditentukan oleh 7 anggota Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA) yang terdiri dari para kiai sepuh yang diakui kedalaman ilmu agama dan kebijaksanaannya.

7 anggota AHWA itulah nantinya yang bermusyawarah untuk memilih Rais Syuriah PWNU Jatim lima tahun ke depan. Prosesnya diperkirakan berjalan sejuk dan lancar.

PBNU Minta Muktamar PKB di Bali Dibatalkan, Syaiful Huda: NU tak Boleh Berpolitik Praktis

Sementara untuk pemilihan ketua tanfidziah biasanya paling alot dan dinamis karena dilaksanakan melalui mekanisme pemilihan langsung atau voting.

Peserta yang memiliki hak suara ialah satu utusan dari PCNU se Jatim. Total ada 45 PCNU. Satu PCNU satu suara.

Banser Bertahap Balik Kandang Usai Diinstruksi Ketum PBNU agar Pulang dari Bali

Hingga saat ini, baru nama Gus Kikin yang mengemuka bakal maju sebagai calon Ketua PWNU Jatim dan nada-nadanya itu yang direstui PBNU.

Sempat muncul nama cicit Syaikhona Kholil Bangkalan, Kiai Makki Nasir, akan maju sebagai calon berdasarkan aspirasi dari beberapa PCNU. Tapi sepertinya aspirasi senyap itu menemui jalan terjal.

Halaman Selanjutnya
img_title