Kalbe Bangun Fasilitas Produksi Radiofarmaka di Sidoarjo untuk Tangani Kanker

Kalbe membangun fasilitas produksi radioisotop dan radiofarmaka
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Sidoarjo, VIVA Jatim – PT Kalbe Farma membangun fasilitas produksi radioisotop dan radiofarmaka di kawasan industri Berbek, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Kamis, 15 Agustus 2024.

Alat Canggih ESWL Milik RSWH Gresik, Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi

Fasilitas ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan fluorodeoxyglucose, komponen penting dalam penanganan pasien kanker di berbagai rumah sakit.

Direktur Kalbe Farma, Mulialie mengatakan, pembangunan fasilitas produksi tersebut bagian dari komitmen perusahaannya dalam mendukung transformasi kesehatan di Indonesia yang sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2023 serta Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan menuju kemandirian bangsa.

Trenggalek Uji Coba Program Makanan Siang Bergizi

"Pembangunan fasilitas di Surabaya merupakan fasilitas kedua milik Kalbe, setelah dimulainya pembangunan di Jakarta pada 1 Februari 2024. Pembangunan fasilitas radiofarmaka dalam negeri merupakan bagian dari komitmen Kalbe untuk terus meningkatkan akses kesehatan bagi masyarakat, terutama dalam penanganan penyakit kanker," ujarnya.

Ia menyampaikan, fasilitas produksi radioisotop dan radiofarmaka yang akan dibangun ini rencananya mulai beroperasi pada tahun 2025.

Terkuak Motif Mahasiswi UC Surabaya Tewas Terjun dari Lantai 22: Putus Cinta

"Saat ini Kalbe telah menjalin kerja sama dengan rumah sakit untuk pemanfaatan radiofarmaka, tidak terbatas pada tatalaksana kanker atau onkologi saja. Namun diharapkan dapat digunakan untuk penilaian jantung, neurologi, alzheimer, gangguan psikiatri atau mental serta di bidang-bidang lain di dunia kedokteran," lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Lucia Rizka Andalucia kepada wartawan menyampaikan, apresiasinya atas pembangunan fasilitas ini. Sehingga penanganan diagnostik kanker semakin komprehensif.

Halaman Selanjutnya
img_title