Permohonan Polda Jatim ke Netizen soal Video Polwan Tegur Orang Makan: Jangan Framing Lagi

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Kepolisian Daerah Jawa Timur meminta netizen agar tidak mengolah lagi potongan video viral Polwan Tegur Orang Makan. Apalagi, Kepolisian RI (Polri) sudah mengklarifikasi fakta yang sebenarnya dari video tersebut dan masing-masing pihak sudah meminta maaf dan saling memaafkan.

Jauh-jauh dari Turki, Pria Asing Curi Perhiasan dan Uang Anak Kekasihnya di Surabaya

“Saya harapkan juga, [setelah] saya selesai bicara [klarifikasi] ini, tolong teman-teman netizen [video tersebut] jangan diframing lagi. Ini sudah selesai masalahnya dan mereka sudah saling memaafkan dan memahami kesalahan masing-masing,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto di Surabaya, Senin, 26 Agustus 2024.

Dia mengatakan, Brigadir Putri Cikita, polisi wanita (polwan) yang ada di dalam video yang viral tersebut, sudah meminta maaf secara pribadi melalui media sosial. Begitu pula dengan pria yang ditegur, Andi Darmawan, dan anggota Polrestabes Surabaya yang ikut menegur, Ipda Ian Braja, juga sudah bertemu di Polda Jatim dan saling minta maaf.

Polda Jatim Ringkus Anggota Komplotan Spesialis Pencuri Pikap Asal Pasuruan

“Kita periksa dan mereka [Andi Darmawan dan Ipda Ian Braja] sudah memahami kesalahan masing-masing. Yang satu ini minum minuman keras, yang satu mungkin dianggap tidak sopan di dalam melakukan wawancara dan mereka sudah saling memaafkan,” tandas Dirmanto.

Berdasarkan hasil keterangan Ipda Ian dan Andi, video yang viral tersebut adalah potongan dari video utuh tentang kegiatan patroli oleh Samapta Polrestabes Surabaya pada 22 Juli 2024. Kegiatan tersebut diliput oleh salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Polda Jatim Tangkap Pelaku Curanmor Bersenjata Airsoft Gun Asal Lumajang

Di tengah patroli, petugas menemukan sekumpulan pria yang tengah menenggak minuman keras di sebuah warung kopi kawasan Tambaksari Surabaya. Petugas menghampiri mereka hingga kemudian terjadilan adegan polwan menegur seorang pria sambil makan dan kemudian viral itu.

“Kemudian disitu terjadi misskomunikasi antar mereka itu,” kata Dirmanto.

Halaman Selanjutnya
img_title