Ratusan Bonsai Meriahkan Pameran Nasional di Tulungagung

Tanaman bonsai dalam Pameran Nasional Lintas Komunitas di Tulungagung.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA JatimPerhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) mengadakan kontes dan pameran bonsai tingkat nasional di Kabupaten Tulungagung pada Senin, 9 September 2024 di GOR Lembu Peteng Tulungagung.  Pesertanya berasal dari berbagai daerah, di antaranya Sumatera hingga Kalimantan.

"Tentunya ada harapan setiap ada kegiatan kni bisa memberikan manfaat. Ada pergerakan ekonomi yang bisa dirasakan masyarakat," ujar Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno kepada awak media, Senin, 9 September 2024.

Usai membuka secara seremonial, Pj Bupati diberikan kesempatan untuk memilih dari belasan bonsai sebagai favorit dan mendapat trofi. Akhirnya, pilihan pria yang juga menjabat Dinas Pertabun Provinsi Jawa Timur ini ke bonsai di sisi barat.

"Memilih bonsai itu karena saya lihat ke khasannya. Dia di batu lalu bisa tumbuh," paparnya.

Heru menerangkan bahwa ke khasan bonsai tersebut berasal dari kealamian dimana ia tumbuh. Sehingga bonsai tersebut memiliki nilai tersendiri dibandingkan lainnya.

Dramatis, Sang Anak Menangis Histeris saat Eksekusi Pengosongan Rumah oleh PN Tulungagung

"Itu kan menurut saya untuk tumbuh dan berkembang itu adalah sesuatu upaya yang keras. Termasuk bonsai harus tumbuh diantara bebatuan, apapun semuanya," imbuhnya.

Senada, Ketua Umum Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia, Alex R Tangkulung mengatakan Pameran Nasional Lintas Komunitas ini mengambil tema Bumi Gayatri Lohjinawi. Pameran ini bersifat nasional, sebab pernah diselenggarakan sebelumnya bersifat lokalan.

Halaman Selanjutnya
img_title