Viral Sapi Dibikin Pingsan sebelum Disembelih, RPH Surabaya Beri Klarifikasi

RPH Surabaya konferensi pers soal viral sapi dipingsankan.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Video menayangkan seorang pemuda menembak kepala sapi dengan alat berbentuk silinder hingga tak berdaya, viral di media sosial.

Kabar Baik dari Shin Tae-yong Jelang Laga Timnas Indonesia Lawan Australia

Cara menangani hewan mamalia sebelum disembelih itu pun memantik reaksi warganet yang menyangsikan kehalalan daging sapi apabila dikonsumsi umat muslim.

Tulisan yang ada di video menyebut, bila aksi melumpuhkan sapi sebelum disembelih dengan cara menembak kepalanya tersebut terjadi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Pegirian, Kota Surabaya.

DPO Penyelundupan Manusia, WNA Bangladesh Ditangkap Imigrasi Surabaya

"Persiapan Daud, Daud Mini, ini yang namanya Daud Mini. Penembak jitu, wuizzz...langsung guys, penembak jitunya guys. Sudah menghabiskan 30 ekor sapi dalam satu jam guys, Daud Mini Guys. Bukan lulusan RPH guys," bunyi suara dalam video dilihat ViVA Jatim, Rabu, 25 September 2024.

Pemuda yang dipanggilnya Daud Mini tersebut, tampak memutar alat berbentuk silinder kemudian mengarahkan ke kepala sapi dan seketika terdengar letusan hingga hewan berkaki empat itu akhirnya tumbang.

Kata Shin Tae-yong saat Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Atas viralnya video tersebut, pihak RPH Pegirian Surabaya angkat bicara. Direktur Utama Perusahaan Daerah RPH Kota Surabaya, Fajar Arifianto Isnuroho menegaskan, video yang beredar di media sosial tersebut tidak lengkap dan menyesatkan.

"Saya menyatakan bahwa video itu tidak sepenuhnya benar, karena tidak menampilkan keseluruhan proses. Yang terlihat hanya saat sapi dipingsankan [stunning], kemudian roboh. Tetapi proses penyembelihan tidak ditunjukkan," kata Fajar melalui keterangan pers.

Halaman Selanjutnya
img_title