Terungkap, Wakil Ketua DPRD Jatim Tersandung Dugaan Korupsi Dana Hibah

Sahat Tua Simanjuntak, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Sahat Tua Simanjuntak tercinduk operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK di ruangannya pada Rabu malam, 14 Desember 2022. Berlanjut, KPK menyegel ruangan Sahat setelah kemudian ia dibawa untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Polrestabes Surabaya. 

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Tersangka Korupsi, Pj Gubernur Jatim Bilang Begini

Terkait operasi ini, Ketua KPK, Firli Bahuri menyebut, kader Partai Golkar itu terciduk kasus dugaan korupsi dana hibah terhadap kelompok masyarakat. 

“KPK ungkap dugaan kasus korupsi dana hibah ke kelompok masyarakat dalam giat tangkap tangan Wakil Ketua DPRD Jatim, STS dan pihak lain,” kata Firli, dilansir dari VIVA, Kamis, 15 Desember 2022. 

Bupati Gus Muhdlor Resmi Tersangka, Berikut 11 Nama yang Ditangkap KPK

Tidak hanya Sahat, KPK juga mengamankan beberapa pihak lain. Bahkan barang bukti berupa uang telah dikantongi KPK sebagai bahan pemeriksaan. Namun hingga saat ini, jumlah uang tersebut masih dalam tahap penghitungan. 

“KPK dalam penangkapan tersebut mengamankan beberapa orang dan sejumlah uang sebagai barang bukti yang masih terus kami kembangkan,” kata Wakil Ketua KPK, Nurul Gufron di kesempatan berbeda.

Jadi Tersangka Korupsi, Bupati Sidoarjo Tegaskan Hormati Proses Hukum

Kendati demikian, Gufron masih belum bersedia merinci dengan jelas siapa saja pihak yang diamankan. Namun ia memastikan bahwa yang bersangkutan adalah seorang penyelenggara negara yang terlibat tindak pidana korupsi. 

“Sementara ini penyelidik KPK masih melakukan pemeriksaan, mohon bersabar untuk keterangan lebih lengkap pada saatnya kami akan umumkan setelah selesai proses pemeriksaan,” terangnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title