Cerdik, Pelaku Gunakan Tukang Becak Kelabui Pegawai BCA Bobol Duit Nasabah

Sidang tukang becak bobol rekening nasabah BCA di PN Surabaya
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim – Pada saat sidang kasus pembobolan uang nasabah BCA, dua pelaku, Setu dan Thoha menceritakan awal mula merencanakan tindakan pencurian itu hingga berhasil mengelabui pegawai yang bertugas sebagai teller

TKN Prabowo-Gibran Launching Becak Listrik di Madiun, Ratusan Unit Bakal Didistribusikan

Walaupun pelaku tidak pernah menganyam pendidikan tinggi, namun karena akal cerdiknya mampu mengelabui pegawai bank yang notabene sudah berpengalaman. Uang senilai Rp320 juta milik Muin Zachry pun raib dibawa kabur. 

Sidang kasus tersebut digelar secara daring di Pengadilan Negeri Surabaya, pada Selasa, 24 Januari 2023. Setu dan Thoha menceritakan bahwa aksi itu bermula ketika mereka mengobrol dengan korban. 

Terdakwa Pembunuh Mahasiswi Universitas Surabaya Divonis 20 Tahun Bui

Mereka yang baru kenal langsung akrab lantaran Thoha menyewa kamar di indekos milik korban. Pembicaran demi pembicaraan pun terus berlanjut. Hingga korban mengaku memiliki duit dan mengajak keduanya bekerjasama bisnis. 

Kendati demikian, Muin tidak begitu rinci menyebutkan jumlah uang yang dimiliki di rekeningnya. Namun Thoha mengetahui nominal uang Muin Rp345 juta ketika ia mengintip saat korban membuka M-Banking. 

Berharap Kesejahteraan, Paguyuban Becak di Ponorogo Dukung Prabowo Presiden 2024

“Saya mengintip pas Pak Muin buka M-Banking,” katanya.

Saat itulah terbersit dalam benak Thoha untuk mencuri uang itu. Ia lantas mencari orang dengan bentuk wajah dan postur tubuh yang mirip dengan korban. Di pinggir jalan dia bertemu sosok yang mirip dengan korban, yakni Setu yang tengah mangkal dengan becaknya. 

Halaman Selanjutnya
img_title