Warung Sambel Wader Asli Majapahit Paling Legendaris di Trowulan Mojokerto

Warung Sambel Wader Asli Majapahit di Mojokerto
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim –Berkunjung ke Mojokerto, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khas. Sambel wader salah satu kuliner khas Mojokerto.

Kasus Perampokan Pengusaha Kopi di Jombang Dilimpahkan ke Polres Mojokerto

Sambel wader merupakan kuliner yang melegenda dan digandrungi masyarakat. Konon, kuliner satu ini sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. 

Tak heran keberadaan warung dengan menawarkan banyak ditemukan di sekitar kolam segaran, Desa atau Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Dimana kolam tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Mobil di Mojokerto Terbakar di Garasi, Pemilik Alami Luka Bakar Berat

Dari sekian banyak warung, ada salah satu yang paling legendaris. Yakni Warung Sambel Wader Asli Majapahit milik Rukiyatin (64) atau lebih dikenal Bu Tin. 

Ia bersama suaminya, Ahmad Syafii (68) mendirikan warung tahun sejak tahun 1990. Lokasinya berada di sebelah kanan Kantor Desa Trowulan. Warung tersebut buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. 

Warung Milik Pemkab Mojokerto Ini Diklaim Dapat Kendalikan Inflasi Saat Kebutuhan Pokok Naik

"Saya beri nama Asli Majapahit karena saya asli sini," katanya ketika berbincang dengan Vivajatim.co.id, Jum'at, 10 Februari 2023. 

Bu Tin bercerita, awal berdiri tidak menyediakan olahan sambel wader. Berselang 5 tahun kemudian, ia baru memulai mengolah wader menjadi menu andalan. 

Halaman Selanjutnya
img_title