Plt Ketua PDIP Jatim Terima Aspirasi Kepala Desa soal Masa Jabatan

Plt Ketua PDIP Jatim, MH Said Abdullah
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua DPD PDIP Jawa Timur, MH Said Abdullah menerima aspirasi dari perwakilan kepala desa se-Jawa Timur. Salah satunya terkait perpanjangan masa jabatan. Aspirasi itu juga disampaikan kepada jajaran pengurus DPD PDIP Jatim lainnya di Hotel Wyndam Surabaya pada Jumat, 17 Februari 2023. 

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Para kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Kepala Desa (AKD) dan Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) itu meminta minta revisi terbatas atas pasal 39 Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa. 

Ketua AKD Jatim H Munawar mengatakan bahwa revisi ini menyangkut masa jabatan kepala desa dari semula 6 tahun dan dapat dipilih kembali ketiga kalinya secara berturut-turut. Sehingga masa jabatan kepala desa jika terpilih tiga kali, total masa jabatannya 18 tahun.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Dia mengusulkan masa jabatan kepala desa menjadi 9 tahun dengan maksimal masa jabatan dua periode, sehingga jumlah akumulasi masa jabatan kepala desa tetap 18 tahun. Aspirasi yang sama juga ditegaskan oleh Julianto Bambang Siswanto, Ketua DPD Papdesi Jawa Timur.

Menurut Munawar, aspirasi masa jabatan 9 tahun karena masa jabatan 6 tahun cukup pendek. Kondisi ini memaksa kepala desa untuk hanya fokus pada pembangunan fisik, agar terlihat kemajuan pembangunannya.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Namun tidak dipandu oleh visi strategis yang menjawab persoalan dasar desa. Akibatnya, pembangunan fisik tanpa visi seolah-olah saja ada pembangunan, tetapi tidak ada arah dan targetnya. Selain itu juga masa jabatan 6 tahun belum cukup untuk memulihkan harmoni sosial akibat kubu-kubuan antar pendukung kepala desa

“Karena situasi itu kepala desa terpaksa fokus kembali tenaganya mengurus pemenangan pilkades di jabatan keduanya,” ungkap Munawar.

Halaman Selanjutnya
img_title