Teratas dalam Survei Litbang Kompas, RK juga Paling Disukai Jadi Cawapres Versi Populi Center

Ridwan Kamil
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

JatimHasil survei Litbang Kompas pada 25 Januari - 4 Februari menempatkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai calon presiden (capres) alternatif dengan elektabilitas tertinggi.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Dalam survei Populi Center pada 25 Januari - 2 Februari 2023, pejabat yang akrab dipanggil RK itu menjadi figur paling disukai oleh masyarakat. Mantan wali kota Bandung tersebut memuncaki survei untuk calon wakil presiden (cawapres) 2024 mendatang. 

Selain dalam survei Litbang Kompas, nama RK juga muncul dalam hasil survei Populi Center. RK masuk jajaran atas tokoh paling populer dalam survei itu. Lebih dari itu, survei tersebut memotret RK sebagai tokoh paling disukai oleh masyarakat. 

Partai Nasdem Restui Anies Baswedan Maju di Pilkada DKI 2024, PKB Respon Begini!

”Ridwan Kamil menjadi yang paling banyak disukai pada skala penilaian 6 – 10 dengan 86,1 persen,” ungkap Populi Center melalui rilis media pada 13 Februari 2023 lalu. 

Sebagai capres alternatif, elektabilitas RK berada pada angka 22,7 persen. Jauh lebih unggul dari Sandiaga Uno di posisi kedua dengan elektabilitas 7,3 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di posisi ketiga dengan elektabilitas 5,8 persen.

MK Minta Kubu Anies Prabowo dan Ganjar Serahkan Kesimpulan Sidang PHPU Pilpres 16 April

Menurut pakar politik Ujang Komarudin, nama capres alternatif yang muncul dalam survei tersebut berkesempatan menjadi cawapres. 

”Punya kesempatan lebih besar dari yang lain,” kata dia saat diwawancarai melalui sambungan telepon. 

Halaman Selanjutnya
img_title