Besok, Ribuan Barong bakal Ramaikan Hari Jadi Kabupaten Kediri

Mas Dhito bersama pelaku Seni Barong
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Jatim Viva

Jatim –Meski sempat terhenti akibat pandemi covid-19, Festival Seribu Barong bakal meramaikan peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke-1219 tahun 2023 ini. 

Kandidat Kuat Pilkada Kediri, Mas Dhito Fokus Kerja hingga Akhir Masa Jabatan

Atas inisiatif Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, Festival Seribu Barong ini kembali bakal digelar. Direncanakan festival ini akan diselenggarakan di Simpang Lima Gumul (SLG) pada Minggu, 12 Maret 2023 besok. 

Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri ini mengaku dalam pelaksanaan kegiatan festival 1000 barong pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri menggandeng paguyuban seni jaranan Kabupaten Kediri.

Program DITO, Produktivitas Padi di Kediri Naik Jadi 6,24 Ton Per Hektare

"Nanti akan ada festival (1000 barong). Kita akan menggandeng teman-teman seni jaranan se-Kabupaten Kediri," ungkap Mas Dhito diterima Viva Jatim, Sabtu 11 Maret 2023.

Ia sebelumnya pernah menggelar kegiatan parade barong di event Gempita Kemerdekaan pada 2022 silam. Baru ada keinginan untuk menggelar event festival 1000 barong sewaktu acara Jumat Ngopi di Kecamatan Kras April 2022. 

Mega Proyek Stadion hingga Revitalisasi Pasar di Kediri, Mas Dhito Ajak Warga Sukseskan Pembangunan

Pria berkacamata ini mengungkapkan bahwa barong dan kesenian jaranan merupakan kesenian tradisional Kabupaten Kediri yang harus tetap dilestarikan. 

Menariknya, kali ini Hari Jadi Kabupaten Kediri tahun 2023 ini, peserta yang mengikuti festival barong sebanyak 2400 barong dimana sebagian berasal dari luar kota.

Halaman Selanjutnya
img_title