Khofifah Ajak Muhammadiyah Jatim Wujudkan RI Pusat Industri Halal Dunia

Gubernur Khofifah hadiri Kajian Ramadan PWM Jatim
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak  keluarga besar  Muhammadiyah Jawa Timur untuk bersama-sama mendukung Indonesia menjadi pusat industri halal dunia. Hal itu ia sampaikan saat hadir dalam Kajian Ramadhan PW Muhammadiyah Jatim di UMM Dome, Malang, Sabtu, 25 Maret 2023.

Nelayan Enggan Gunakan Jaket Keselamatan saat Melaut karena Ribet

Khofifah menyebut, untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat Industri Halal dunia dibutuhkan pemikiran strategis dari para pimpinan dan tokoh Muhammadiyah, khususnya PWM Jawa Timur, serta organisasi sosial kemasyarakatan dan dunia usaha lainnya.

“Kekuatan Jawa Timur untuk menjadi pusat industri halal Indonesia sudah terwujud dan terus kita tumbuh kembangkan sehingga ketika Indonesia menjadi pusat Industri Halal dunia sesungguhnya Jawa Timurlah sentral dari pusat pertumbuhan industri halal tersebut. Dan itu adalah kita semua,” ungkapnya.

2 Agen BRI Link di Lamongan Dirampok Pria Bersenpi, Pelaku Pura-pura Jadi Nasabah

Lebih lanjut dirinya juga menyampaikan bahwa saat ini starting point dalam melihat perkembangan ekonomi dunia adalah pada sektor modernisasi ekosistem  digital . Seperti  yang disampaikankan Jack Ma Founder Alibaba Group bahwa di tahun 2030, 99% UMKM dunia akan melakujan secara online dan 85% diantaranya akan melalui  e-commerce.

“Maka jejaring lembaga-lembaga ekonomi di lingkungan Muhammadiyah akan mengalami  penguatan yang luar biasa  jika bersambung dengan kekuatan perguruan tinggi yang dimiliki Muhammadiyah dimana saja.  Menurut saya bukan hanya untuk jejaring market tetapi hal  ini akan memberikan penguatan UMKM go Global,” jelasnya.

Dishub Jatim Pastikan Angkutan Umum Siap Layani Masa Mudik Lebaran 2024

“Ini menjadi penting untuk kita jadikan starting point kita, supaya proses untuk bisa membangun penguatan UMKM menjadi kekuatan yang bisa membangkitkan ekonomi Muhammadiyah dan ekonomi Indonesia  sesuai tema kajian ramadhan kali ini yaitu jihad ekonomi Muhammadiyah,” imbuhnya.

Kemudian, penguatan jaminan produk halal menurut Khofifah sapaan lekatnya juga tidak boleh dikesampingkan. Hal ini diperkuat dengan jumlah populasi masyarakat muslim tahun 2030 kira-kira 26% dari populasi masyarakat dunia.

Halaman Selanjutnya
img_title