Resmi Jadi Tersangka, KPK Beri Sinyal Bakal Tahan Rafael Alun

Rafael Alun Trisambodo dicopot dari jabatannya di DJP
Sumber :
  • Istimewa

JatimRafael Alun Trisambodo secara resmi telah ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus gratifikasi uang sejak tahun 2011-2023. KPK pun beri sinyal bakal langsung menahan Rafael Alun.

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Tersangka Korupsi, Pj Gubernur Jatim Bilang Begini

Ali Fikri, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, mengatakan bahwa sejauh ini belum ada seseorang yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak dilakukan penahanan. 

"Tetapi yang pasti perlu kami sampaikan juga bahwa hampir tidak ada orang kemudian yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK tidak dilakukan penahanan," ujar Ali di gedung merah putih KPK, Senin 3 Maret 2023.

Bupati Gus Muhdlor Resmi Tersangka, Berikut 11 Nama yang Ditangkap KPK

Guna memastikan tindakan melawan hukum, Ali menjelaskan bahwa saat ini penyidik masih berupaya untuk melakukan pemeriksaan terhadap Mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II.

"Jadi ini kan soal waktu kapan tersangka itu bisa dilakukan penahanan. Karena syarat penahanan itu ada di hukum acaranya nanti penyidik yang akan menentukan baik itu secara subjektif maupun secara objektif," kata Ali. 

Jadi Tersangka Korupsi, Bupati Sidoarjo Tegaskan Hormati Proses Hukum

"Tentu nanti tim penyidik KPK setelah melakukan pemeriksaan akan menganalisis lebih lanjut ya apakah ada keperluan untuk dilakukan penahanan kah terhadap tersangka ini," lanjutnya.

Ali menyebut bahwa nanti akan disampaikan lebih lanjut jika Rafael Alun sudah resmi menjadi tahanan KPK dalam dugaan kasus gratifikasi.

Halaman Selanjutnya
img_title