Puncak Arus Balik Diprediksi Hari Ini, Sejumlah 45 Ribu Penumpang Padati Bandara Juanda

Situasi penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim – Puncak arus balik lebaran tahun 2023 diprediksi akan terjadi hari ini, 25 April 2023 atau H+3 lebaran. Hal ini menurut keterangan dari pihak Bandar Udara Internasional Juanda. Ada sejumlah 45 ribu penumpang dengan 308 pergerakan pesawat

Arus Balik Lebaran, Ada Peningkatan 40 Persen Penumpang di Stasiun Kereta Api Babat Lamongan

Prediksi ini didasarkan pada periode libur lebaran pemerintah yang berakhir pada hari tersebut. "Besok, Rabu, 26 April 2023, mayoritas masyarakat akan kembali beraktivitas, sehingga kami memperkirakan akan banyak yang memaksimalkan hari ini untuk melakukan perjalanan pasca mudik atau arus balik," ungkap General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar.

Menurut Sisyani, pergerakan arus balik mulai terlihat sejak Senin 24 April 2023 atau pada H+2 libur lebaran. Di hari tersebut jumlah penumpang yang dilayani adalah sebanyak 42.193 orang penumpang. 

Libur Lebaran, Kemenkes Imbau Masyarakat Tetap Waspada Penyakit DBD dan HFMD

Dengan angka tersebut, maka total penumpang yang telah bepergian melalui Bandar Udara Internasional Juanda di masa Periode Posko Lebaran adalah sebanyak 440.066 penumpang atau meningkat 28% dibanding tahun sebelumnya sejumlah 344.229 penumpang. 

Sementara pergerakan pesawat juga tumbuh 21% atau sejumlah 3.173 pergerakan pesawat di tahun ini dibanding 2.619 pesawat pada tahun sebelumnya. 

ASN Bisa WFH 16-17 April 2024, Menhub RI: Perkuat Manajemen Arus Balik Lebaran

Menyikapi hal tersebut, Sisyani mengaku telah menyiapkan berbagai hal untuk kelancaran operasional. Diantaranya adalah antisipasi kepadatan dengan menyiapkan para petugas bandara untuk pengaturan pergerakan orang dan kendaraan, menambah fasilitas Xray, dan memaksimalkan ruang tunggu bandara. 

Selain itu untuk menambah kenyamanan para penumpang, pihaknya juga telah menyediakan gerai-gerai tambahan yang dapat dijadikan alternatif penumpang sambil menunggu panggilan penerbangan.