Mengenal 5 Imunisasi Antigen Baru, Ampuh Cegah Kanker hingga Pheumonia

Ilustrasi Imunisasi
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Lima jenis imunisasi antigen baru telah ditambahkan dalam program imunisasi nasional. Hal ini merupakan ikhtiar lanjutan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam mengentaskan ragam penyakit yang diderita masyarakat. Program imunisasi tentu dalam rangka mencapai kekebalan tubuh sehingga tidak tertular penyakit.

Apa Itu Egg Banking? Metode Amankan Reproduksi Perempuan untuk Masa Depan

Kelima jenis imunisasi antigen baru itu antara lain, pertama, Pneumokokus Konyugasi (PCV) untuk mencegah pneumonia atau radang paru-paru. Kedua, Human Papillomavirus Vaccine (HPV) untuk mencegah kanker leher rahim.

Ketiga, Rotavirus (RV) untuk mencegah diare berat, keempat, Inactivated Poliovirus Vaccine (IPV) dosis kedua untuk memperkuat perlindungan terhadap polio, dan kelima, Japanese Encephalitis (JE) untuk mencegah ensefalitis (radang otak).

Kampanye 3M Plus Vaksin DBD Sasar Pengunjung Mall Tunjungan Plaza Surabaya

Direktur Pengelolaan Imunisasi dan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Prima Yosephine, MKM menjelaskan bahwa sebagai komitmen untuk memenuhi hak warga negara khususnya pada bayi dan anak, penularan penyakit ini dapat dicegah melalui imunisasi.

"Melalui pengenalan imunisasi antigen baru, Pemerintah berkomitmen untuk melindungi anak-anak dan seluruh masyarakat terhadap lebih banyak Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) yang dapat berakibat pada kesakitan, kecacatan dan kematian," kata dia, dilansir dari VIVA, Jumat, 5 Mei 2023.

Spesialis Ungkap Tanda-tanda Kanker Darah pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Imunisasi PCV yang telah diberikan sejak 2016 hingga 2021, mencakup seluruh kabupaten/kota di Bangka Belitung dan NTB serta beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat dan Jawa Timur. Kemudian di tahun 2022 cakupannya diperluas secara nasional. Imunisasi PCV diberikan sebanyak dua kali saat berusia 0-11 bulan dan sebanyak satu kali saat anak usia 12-24 bulan.

Imunisasi HPV, juga sudah diberikan kepada siswi sekolah dasar kelas 5 dan 6 sejak tahun 2016 mencakup 20 kabupaten/kota di DKI Jakarta, DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara. Di tahun 2022 diperluas ke 112 kabupaten/kota di Jateng, Jatim, Bali, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tenggara. Kemudian di tahun 2023, imunisasi HPV akan diperluas sebagai program nasional.

Halaman Selanjutnya
img_title