Jokowi Resmikan RS Vertikal Surabaya: Jangan Berobat ke Luar Negeri

Prosesi peresmian Rumah Sakit Kemenkes di Surabaya
Sumber :
  • Mokhamad Dofir / Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Sakit Kementerian Kesehatan (Kemenkatau yang dikenal sebagai Rumah Sakit UPT Vertikal Surabaya di Jalan Indrapura, Jumat, 6 September 2024.

Basarnas Surabaya Gelar Sarasehan dan Musyawarah Potensi SAR Se-Malang Raya

Pusat medis ini digadang-gadang sebagai rumah sakit terbesar di Indonesia yang menjadi super hub untuk layanan kanker, serangan jantung, dan stroke.

Dengan adanya RS UPT Vertikal Surabaya, Jokowi, panggilan Presiden Joko Widodo, berharap masyarakat Indonesia tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

Kontingen Jatim Borong 5 Medali Emas Cabor Renang Perairan Terbuka PON XXI

"Kita tidak ingin [warga] yang sakit-sakit perginya ke Singapura, perginya ke Malaysia," pintanya.

Ia pun mengapresiasi atas keberadaan rumah sakit di Kecamatan Krembangan tersebut. Jokowi lantas menyamakan gedung layanan kesehatan ini bagai hotel berbintang lima karena didesain secara megah dan dilengkapi fasilitas mewah serta moderen.

Perempuan yang Ditemukan di Hutan Pacet Mojokerto Diduga Tewas Karena Dibekap

"Kalau rumah sakitnya [bagus] seperti ini, pelayanannya baik, pasien yang sakit cepat sembuh dan rumah sakitnya bagus ini akan mencegah kehilangan devisa kita sebesar Rp 180 triliun setiap tahunnya," lanjut Jokowi.

Kepala negara menyampaikan, di rumah sakit ini dibangun di atas lahan seluas 5,2 hektare, dengan biaya sekitar Rp1,6 triliun.

Halaman Selanjutnya
img_title