Hari Jadi Mojokerto ke-730, Bupati Ikfina Berpesan agar Teladani Kemenangan Majapahit Tempo Dulu

Upacara Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-730
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

JatimPemkab Mojokerto memperingati hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-730, Selasa, 9 Mei 2023. Peringatan hari jadi ke-730 ini mengusung tema 'Bersatu dan berkarya untuk Mojokerto maju lebih cepat' ini didahului dengan serangkaian acara.

Tak Jadi ke Ikfina, Golkar Alihkan Dukungan ke Gus Barra di Pilbub Mojokerto

Serangkaian acara hari jadi Kabupaten Mojokerto di antaranya rapat paripurna, ziarah makam para bupati terdahulu, dan kenduri tumpeng. Sedangkan, puncak peringatan hari jadi Kabupaten Mojokerto ke-730 digelar dengan upacara, di halaman Pemkab Mojokerto, Selasa, 9 Mei 2023. 

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Ikfina. Seluruh peserta upacara memakai baju adat.

Upacara peringatan hari jadi Kabupaten Mojokerto kali ini diawali dengan drama kolosal yang berjudul Tribhuwana Labuh Nagari Penobatan Ratu Tribhuwana Tunggadewi..


Ribuan Warga Terdampak Banjir, Pemkab Mojokerto Dirikan Dapur Umum

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati berpesan kepada suluruh masyarakat untuk meneruskan perjuangan dan cita-cita para pemimpin terdahulu. Selain itu, Bupati perempuan pertama Mojokerto berharap menjadikan momen ini sebagai penyemangat untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Mojokerto.

"Masyarakat Kabupaten Mojokerto ini adalah penerus dari kerajaan Majapahit. Ini dalam rangka kita mengingat momen perjuangan dari para pendahulu kita, bagaimana kemudian ada suatu nilai-nilai wujud yang harus kita pertahankan dan kita lestarikan yang menjadi penyemangat untuk kita semuanya," ungkap Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati. 



Banjir di Mojokerto belum Surut, Perbaikan Tanggul Jebol Dikebut 

Ia menceritakan, Hari Jadi Kabupaten Mojokerto telah ditetapkan pada 9 Mei 1293, atau sesuai Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Mojokerto Nomor 230 Tahun 1993 tanggal 8 Mei 1993 tentang penetapan hari jadi Kabupaten Mojokerto.


"Tanggal 9 Mei 1293 dipilih mengingat bahwa tanggal tersebut merupakan momentum kemenangan pasukan Kerajaan Majapahit di bawah pimpinan Raden Wijaya yang berhasil mengalahkan pasukan Tartar, baik kemenangan secara diplomatik maupun militer," terangnya.



Halaman Selanjutnya
img_title