Polisi Jelaskan Motif Dua Pelaku Pembunuhan Siswi SMP di Surabaya

Konferensi Pers Kasus Pembunuhan Siswi SMP di Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim –Kasus pembunuhan Siswi sebuah SMPN di Surabaya, N (14 tahun) mulai terungkap. Sebelumnya N ditemukan meninggal dunia di Gudang Peluru, Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu akhir pekan lalu. Kini Polisi menetapkan dua tersangka yakni, Y (16) dan R (14).

Detik-detik Pasien Asal Surabaya Tewas di Kamar Mandi Pondok Gus Samsudin di Blitar

Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Ajun Komisaris Polisi Arief Ryzki Wicaksana, menjelaskan, kedua tersangka ada remaja yang sudah putus sekolah. Tersangka Y memiliki hubungan asmara dengan korban. Sementara R adalah teman Y, yang juga kenal dengan korban.

Y berencana membunuh karena korban diketahui memiliki kekasih lain. "Y cemburu dan mempunyai niat untuk menghabisi korban," kata AKP Arief di Markas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis, 11 Mei 2023.

Kronologi Hingga Detik-detik Siswi SMP Dibunuh Pacar di Gudang Peluru Surabaya

Selain cemburu, Y juga ingin menguasai telepon genggam (HP) milik korban. Y tergiur karena HP korban masih baru, sementara HP milik Y sudah usang dan jelek. "Alasannya HP-nya (tersangka Y) kurang bagus," ujar Arief.

Y lantas memancing korban dan mengajak bertemu di gudang peluru di Kedung Cowek. Korban sepakat. Korban pun pamit ke orang tuanya untuk belajar kelompok dan diizinkan. Pertemuan antara Y dan N pun terjadi di gudang peluru pada 15 April 2023. Di sana juga ada tersangka R.

Heboh Penemuan Mayat Siswi SMP di Surabaya, Dua Pemuda Ditangkap

Ternyata, hingga keesokan harinya, korban tak jua pulang. Pihak keluarga juga menghubungi pihak sekolah dan teman-temannya, namun diperoleh informasi tidak ada tugas belajar kelompok. Nah, saat itulah keluarga lalu membuat laporan kehilangan ke polisi, juga mengumumkan di media sosial.

Informasi tentang keberadaan korban baru diketahui setelah diterima informasi temuan mayat di gudang peluru pada Minggu akhir pekan lalu. Saat itu, mayat perempuan itu sudah dalam kondisi membusuk. Seragam masih melekat di tubuh korban. 

Halaman Selanjutnya
img_title